Kompas.com - 11/10/2020, 09:09 WIB
Candi Prambanan dengan tinggi bangunan utama 47 meter. SHUTTERSTOCK/WINDU_DOLANCandi Prambanan dengan tinggi bangunan utama 47 meter.

KOMPAS.com – Negara-negara di ASEAN memiliki peringkat yang terbilang cukup jauh satu dengan yang lain dalam Global Passport Power Rank 2020 milik Passport Index.

Passport Index adalah salah satu dari beberapa indeks yang mengukur jumlah perjalanan dunia bebas visa.

Pengukuran tersebut berdasarkan paspor 193 negara anggota PBB dan enam wilayah yakni Taiwan, Makau, Hong Kong, Kosovo, Palestina, dan Vatikan. Total negara yang terdaftar dalam Passport Index adalah 199.

Baca juga: Buka Kembali Layanan Paspor, Ini Protokol Berkunjung ke Kantor Imigrasi

Berdasarkan informasi dari situs Passport Index, Sabtu (10/10/2020), setiap negara juga memiliki peringkat berdasarkan poin Mobility Score (MS).

Adapun, MS merupakan salah satu metode yang digunakan Passport Index untuk menilai kekuatan paspor berdasarkan bebas visa, visa on arrival (VOA), Electronic Travel Authorization (eTA), dan visa elektronik.

Ilustrasi Gunung Rinjani.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Gunung Rinjani.

Sebagai catatan, akses bebas visa dan VOA memiliki perbedaan. Untuk bebas visa, pemegang paspor diberi akses masuk tanpa visa. Sementara VOA, pemilik paspor bisa mengurus visa di tempat yang dituju.

Lantas, bagaimana peringkat yang diduduki oleh setiap negara ASEAN baik secara individual maupun berdasarkan poin MS?

Paspor terkuat negara ASEAN 2020

Malaysia memiliki paspor terkuat di antara negara ASEAN lain lantaran menduduki peringkat pertama, atau peringkat ke-52 secara individual.

Namun, Malaysia berada pada peringkat ke-21 berdasarkan poin MS. Saat ini, negara tersebut memiliki 92 poin MS, akses bebas visa ke 52 negara, dan VOA ke 37 negara di dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X