Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai JetBlue Tawarkan Tes Covid-19 dari Rumah, Seperti Apa?

Kompas.com - 13/10/2020, 21:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber Huffpost

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan JetBlue mengumumkan pada Selasa (29/9/2020) bahwa pihaknya akan memfasilitasi pelanggan yang penerbangannya ditangguhkan dengan pilihan untuk membeli tes Covid-19 di rumah.

Melansir Huffpost, Rabu (30/9/2020), tes tersebut merupakan kerja sama dengan sebuah perusahaan kesehatan bernama Vault Health.

Program tersebut dilakukan dengan fokus pada pelanggan JetBlue yang membutuhkan hasil negatif tes Covid-19 sebelum memasuki negara bagian atau negara lain, atau sebagai kewajiban guna menghindari karantina.

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus, Ada Opsi Wisatawan Tes Covid-19 Saat Tiba di Hawaii

Tes akan diawasi para ahli dari Vault Health. Mereka akan berpartisipasi secara virtual dengan pelanggan untuk memastikan tes berjalan dengan benar.

Sampel air liur para pengguna tes akan dikirim ke laboratorium untuk dianalisis. Pihak perusahaan kesehatan tersebut menjanjikan bahwa hasil akan keluar dalam 72 jam.

Melalui sebuah wawancara dengan CNBC, CEO Vault Health Jason Feldman mengatakan bahwa penumpang JetBlue bisa mendapatkan tes dengan harga diskon 143 dollar AS, setara dengan Rp 2.110.251.

Sementara itu, harga normal tes Covid-19 Vault Health berada di angka 150 dollar AS atau Rp 2.213.700.

Tailfin maskapai LCC AS, JetBlue.Dok. JetBlue Tailfin maskapai LCC AS, JetBlue.

“Melalui kemudahan ini, Anda akan mendapatkan hasil pada saat kamu perlu melakukan perjalanan,” ujar Feldman, mengutip Huffpost.

Pihaknya menghabiskan sebagian uang untuk UPS. Hasil tes saat ini diberikan 10 hari kemuduan. Oleh karena itu, pihaknya juga memastikan pelanggan mendapat hasil tes pada waktu yang dibutuhkan untuk bisa naik pesawat.

Baca juga: Bandara di New York akan Dirikan Fasilitas Tes Covid-19

Presiden JetBlue Joanna Geraghty juga mengatakan hal yang sama. Melalui sebuah siaran pers, dia menuturkan bahwa dengan opsi pengujian yang lebih mudah, syarat keselamatan mungkin tidak menghalangi perjalanan.

Dengan pilihan yang diberikan pihaknya, Geraghty mengungkapkan, mereka memberi ketenangan pikiran dengan sedikit ketidaknyamanan bagi kesehatan publik.

Maskapai penerbangan lain juga menawarkan tes Covid-19

Maskapai penerbangan JetBlue bukanlah satu-satunya yang menawarkan tes Covid-19 bagi para pelancong. Namun, sejauh ini penawaran masih cukup terbatas.

Adapun, United Airlines mengumumkan bahwa pilihan tes di bandara dan di rumah hanya berlaku bagi penerbangan ke Hawaii.

Sementara American Airlines, maskapai tersebut telah melakukan pengujian pra-penerbangan bagi pelancong yang akan terbang ke Jamaika dan Bahama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Huffpost
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com