Desa Wisata di Banjarnegara, Kerajinan Keramik hingga Tubing di Goa

Kompas.com - 14/10/2020, 12:30 WIB
Tempat wisata di Kabupaten Banjarnegara - Candi Arjuna di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. SHUTTERSTOCK / Reuben TeoTempat wisata di Kabupaten Banjarnegara - Candi Arjuna di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

KOMPAS.com – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Banjarnegara Agung Yusianto menuturkan, tahun ini pihaknya akan semakin mendorong kemajuan desa wisata.

Desa wisata di Banjarnegara memiliki berbagai macam. Ada wisata air, keluarga, dan alam,” katanya kepada Kompas.com, Minggu (11/10/2020).

Agung mengatakan, pihaknya akan mengembangkan sejumlah desa wisata dengan menyediakan beberapa paket kegiatan wisata.

Baca juga: Jalan Dieng via Bawang Ramai di Internet, Disebut Tol Kahyangan

Sebagai contoh, Agung menceritakan seputar sentra industri keramik Klampok yang berada di Desa Klampok, Kecamatan Purworejo Klampok.

“Kami punya ekonomi kreatif unggulan yakni keramik klampok. Bisa dijual paket-paket kegiatan wisata ke sana,” ungkap Agung.

Tempat wisata di Kabupaten Banjarnegara - Curug Sikopel di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.SHUTTERSTOCK / Rifa Abidin Tempat wisata di Kabupaten Banjarnegara - Curug Sikopel di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Mengutip Visit Banjarnegara, kerajinan keramik di Klampok sudah ada sejak 1957 dan dimulai oleh seorang pengrajin keramik yang mempelajari kesenian tersebut pada sekitar tahun 1935 di Bandung.

Usai mempelajari kerajinan keramik dan memimpin perusahaan keramik milik pemerintah Belanda di Klampok, pada 1957 dia mendirikan perusahaan sendiri bernama Maendalai.

Puncak kejayaan kerajinan klampok terjadi pada sekitar 1980–1990an. Namun, kerajinan tersebut masih bertahan hingga kini dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X