Kompas.com - 14/10/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. shutterstock/Zakki Photo CreativeIlustrasi Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.


KOMPAS.com - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Zamroni Lestiaza mewanti-wanti perigal pembukaan pariwisata di Taman Nasional (TN) Karimunjawa.

Ia mengungkapkan, pembukaan pada 16 Oktober 2020 jangan sampai menimbulkan klaster baru Covid-19.

Pasalnya, Karimunjawa memiliki kategori zona hijau Covid-19 sejak awal pandemi melanda.

"Saat ini kondisi Karimunjawa yang masih zona hijau. Dia itu satu-satunya wilayah barangkali di Jepara yang dari awal sampai sekarang masih dalam status hijau," kata Zamroni saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: Karimunjawa Buka Lagi Mulai 16 Oktober, Kuota 100 Orang per Minggu

Oleh karena itu, ia menambahkan bahwa perlu adanya kesadaran diri dari para pelaku pariwisata termasuk wisatawan untuk menjaga dan menerapkan protokol kesehatan.

Pihaknya sendiri juga akan melakukan evaluasi terhadap pembukaan Taman Nasional Karimunjawa.

Jika kemudian hari sesuai dengan penilaian dan evaluasi Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jepara ada hal-hal yang menyimpang dari aturan yang ditetapkan.

Maka, kawasan Karimunjawa akan ditutup kembali untuk kegiatan pariwisata.

"Pastinya ada evaluasi. Jadi ini akan terus dievaluasi, dengan pembukaan ini kalau nanti kemudian hari ternyata barangkali pelaksanaan protokol kesehatannya menimbulkan cluster baru. Bisa saja kita tutup kembali, kalau memang tidak sesuai protokol," tegasnya.

Baca juga: Jika Wisata Jepara Kembali Dibuka, Bakal Dievaluasi Tiap 2 Minggu

Evaluasi ini pun, kata dia, sudah sesuai dengan Surat Rekomendasi Bupati Jepara Nomor 556/3545 dan Surat Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Nomor 556/2560 tentang Rekomendasi Pembukaan Karimunjawa secara bertahap dan terbatas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X