Kompas.com - 15/10/2020, 12:15 WIB
TWA Sibolangit http://ksdae.menlhk.go.id/TWA Sibolangit

KOMPAS.com - Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit kembali dibuka untuk kunjungan wisata alam bagi masyarakat umum.

Dilansir dari Antara, pembukaan TWA di Deli Serdang tersebut setelah mendapat izin dari Balai Besar Konserasi Sumber Daya Aalam (BBKSDA) Sumatera Utara.

"Aktivitas yang nantinya dapat dilakukan di TWA Sibolangit adalah menikmati alam, edukasi pendidikan konservasi lingkungan, pendidikan konservasi satwa liar, pengamatan burung Rangkong, dan Forest Healing," kata Kepala BBKSDA Sumatera Utara Hotmauli Sianturi dalam sambutan acara pembukaan TWA di Sibolangit, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: Jakarta PSBB Transisi, TWA Mangrove Kini Buka Kembali

Ia menyebutkan, untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, pemesanan tiket masuk TWA Sibolangit dilakukan dengan cara booking online atau menghubungi nomor telepon TWA Sibolangit.

Selain itu, pengunjung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku selama berada di kawasan TWA Sibolangit.

"Kemudian wajib menggunakan masker, wajib cuci tangan pada tempat yang sudah disediakan, gunakan hand sanitizer, melakukan cek suhu tubuh, pembatasan jarak kurang lebih 1,5 meter dan tetap menjaga kebersihan," kata Hotmauli.

Baca juga: Mengenal TWA Batuputih, Rumah Tarsius, Yaki, dan Maleo

Sementara itu, Camat Sibolangit Febri Gurusinga mengatakan, pengaktifan kembali TWA Sibolangit dapat memberi edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Ia menjelaskan, sebahagian besar wilayah Kecamatan Sibolangit adalah kawasan hutan.

Oleh akrena itu, keberadaan TWA Sibolangit sangat berperan penting terhadap keberlangsungan kehidupan manusia di sekitar kawasan hutan.

"Namun jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan," katanya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.