BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Hong Kong Tourism Board

Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Hong Kong Setelah Lama di Rumah Aja

Kompas.com - 16/10/2020, 13:37 WIB
Salah satu destinasi wisata di Hong Kong, Avenue Of Stars. Dok. Hong Kong Tourism BoardSalah satu destinasi wisata di Hong Kong, Avenue Of Stars.

KOMPAS.com - Setelah berada di rumah berbulan-bulan, tidak dimungkiri keinginan untuk berlibur pun terbesit. Mengunjungi destinasi wisata dan menikmati suasana baru dapat melepaskan rasa bosan. Dengan demikian, pikiran pun menjadi lebih segar.

Jika Anda berniat untuk pergi liburan ke luar negeri setelah pandemi selesai, Hong Kong bisa jadi destinasi pilihan untuk dikunjungi.

Hong Kong menjadi salah satu negara yang terdepan dalam memperkenalkan langkah-langkah melawan Covid-19 sejak pertama kali mewabah. Hal tersebut terlihat dari para warga dan berbagai sektor bisnis yang telah beradaptasi serta mengadopsi protokol kebersihan dan kesehatan secara ketat.

Bisnis di sektor pariwisata juga tak ketinggalan. Mereka aktif dalam menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan dengan dukungan peralatan kebersihan yang canggih dalam operasional sehari-hari.

Baca juga: Hong Kong Jamin Keamanan Wisatawan Lewat Protokol Kesehatan

Melansir wartakota.tribunnews.com, Rabu (14/10/2020), Dewan Pariwisata Hong Kong, yaitu Hong Kong Tourism Board (HKTB), meluncurkan program standardisasi protokol kesehatan dengan menggandeng Hong Kong Quality Assurance Agency (HKQAA) dalam meningkatkan kewaspadaan untuk mengendalikan Covid-19.

Protokol tersebut bertujuan untuk menyediakan pedoman terpadu yang mudah dipahami oleh pengunjung tentang langkah-langkah kebersihan, kesehatan, dan anti-epidemi bagi industri terkait pariwisata.

Industri pariwisata yang dimaksud mencakup pusat perbelanjaan, hotel, restoran, toko ritel, perusahaan bus, atraksi pariwisata, dan travel agent.

Adapun bisnis dan outlet yang berpartisipasi diharuskan untuk mematuhi serangkaian tindakan kebersihan dan anti-epidemi yang tertera dalam protokol kesehatan tersebut.

Baca juga: Disneyland Hong Kong Dibuka Kembali 25 September 2020

Para pemilik bisnis dan outlet yang telah lulus penilaian dapat menampilkan logo untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap protokol. Tak hanya itu, detail bisnis dan outlet juga akan diunggah ke situs https://hkhygiene.hkqaa.org.

Dengan demikian, masyarakat dan wisatawan dapat mengetahui mana saja lokasi yang aman dikunjungi karena telah menerapkan protokol tersebut.

HKQAA sebagai salah satu lembaga penilaian kualitas terkemuka di Hong Kong juga akan melakukan inspeksi secara mendadak. Mereka akan memeriksa apakah bisnis dan outlet yang telah terdaftar sudah melakukan protokol kesehatan sesuai dengan standar yang ada.

Saat ini, HKTB juga bekerja sama dengan Tim SAR dari Pemerintah Hong Kong dan industri pariwisata untuk mempersiapkan Hong Kong yang lebih baik ke depannya. Tujuannya untuk menyambut kembali para pengunjung dengan berbagai pengalaman dan penawaran menarik di Hong Kong.

Baca juga: Di Tengah Ketidakpercayaan Warga pada China, Hong Kong Gelar Tes Covid-19 Massal

Berbicara mengenai pengalaman menarik, ternyata Hong Kong tak melulu soal belanja. Ada banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di negara ini. Salah satunya berwisata di museum.
Berikut empat destinasi yang direkomendasikan untuk Anda.

1. K11 MUSEA

K11 MUSEA Berlokasi di Victoria Dockside. Bangunan yang baru dibuka pada Agustus 2019 ini memberikan pengalaman seni dan sejarah yang tak terlupakan kepada pengunjung. Sebelumnya, lokasi itu dikenal sebagai Holt’s Wharf yang merupakan pusat logistik bersejarah di Tsim Sha Tsui.

Meski telah disulap menjadi bangunan modern 10 lantai, pengunjung masih dapat menyaksikan sejarah dalam bentuk arsitektur.

Desain lighting yang ada di dalam bangunan, misalnya, menggunakan lampu-lampu hasil tiupan mulut yang menyerupai mercusuar. Hal ini menggambarkan bahwa lokasi tersebut dulunya merupakan pelabuhan tersibuk di Hong Kong.

Baca juga: Hong Kong Wine & Dine Festival untuk Pertama Kali Digelar Virtual

Selain arsitekturnya, K11 MUSEA wajib dikunjungi karena destinasi ini merupakan pertemuan budaya dan seni dari seluruh dunia. Anda pun bisa menikmati berbagai karya seniman dari berbagai negara, antara lain Erwin Wurm dari Austria dan Adrian Wong dari Amerika Serikat.

K11 MUSEA. Dok. Hong Kong Tourism Board K11 MUSEA.

K11 MUSEA akan mengajak para pengunjung untuk menikmati karya seni dengan cara yang berbeda. Pasalnya, bangunan yang bersertifikat green building ini memiliki urban farming di atap gedung. Para pengunjung dapat menyantap makanan langsung dari lahan pertanian tersebut.

Anak-anak pun dapat menikmati berbagai permainan edukatif di luar ruangan dengan berbagai bentuk yang artistik, seperti perosotan dengan bentuk burung merak dan donat. Kedua permainan tersebut dibangun oleh spesialis taman bermain Monstrum asal Denmark.

2. Hong Kong Museum of Art

Selama ini, banyak orang mengenal Hong Kong sebagai kota modern. Namun, Hong Kong sebenarnya memiliki warisan budaya yang menarik untuk dinikmati.

Baca juga: Aturan Ketat Social Distancing di Hong Kong, Tidak Pakai Masker Denda Rp 9,4 Juta

Salah satu contohnya adalah cara hidup masyarakat sepanjang berkuasanya dinasti Tiongkok kuno. Anda bisa mengunjungi Hong Kong Museum of Art yang berlokasi di tepi laut Tsim Sha Tsui untuk mengetahui warisan budaya tersebut

Sebanyak 17.000 barang antik, termasuk barang antik Tiongkok buatan zaman Neolitikum dipamerkan di Hong Kong Museum of Art. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan karya seni dari seniman legendaris Wu Guanzhong yang diakui sebagai bapak seni lukis Tiongkok modern.

Hong Kong Museum of Art juga memberikan ruang kepada para seniman untuk memamerkan karyanya, baik seni rupa maupun seni pertunjukan.

Salah satu koleksi di Hong Kong Museum of Art.Dok. Hong Kong Tourism Board Salah satu koleksi di Hong Kong Museum of Art.

Untuk menjaga keamanan para pengunjung, Hong Kong Museum of Art juga menerapkan protokol kesehatan dengan mengharuskan pengunjung untuk selalu menggunakan masker selama berada di museum dan menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki museum.

Baca juga: Serunya Jelajah Museum Multatuli secara Virtual, Begini Caranya

Selain itu, para pengunjung Hong Kong Museum of Art juga dapat berkeliling museum secara virtual dengan adanya Virtually@HKMoA. Cara ini dilakukan untuk menghindari kerumunan para pengunjung di dalam museum.

3. Xiqu Center

Bagi pecinta teater atau seni pertunjukkan, Xiqu Center menjadi lokasi wajib dikunjungi saat menyambangi Hong Kong. Di sini, Anda bisa menyaksikan teater tradisional Tiongkok, yaitu opera Kanton di dalam bangunan modern yang artistik.

Dirancang oleh Revery Architecture—sebelumnya Bing Thom Architects—dan Ronald Lu & Partners, bangunan berbentuk menyerupai tirai panggung yang terbuka ini mampu menampung lebih dari 1.000 kursi penonton.

Xiqu Center Dok. Hong Kong Tourism Board Xiqu Center

Tak hanya menyaksikan opera Kanton, pengunjung juga bisa menikmati teh tradisional dan dimsum di Tea House Theatre yang ada di dalam Xiqu Center.

Baca juga: Dim Sum, Kudapan Kanton yang Menyentuh Hati

Gedung ini terletak di West Kowloon Cultural District dan bisa diakses dari Stasiun Hong Kong West Kowloon (Express Rail Link) atau stasiun MTR Austin.

4. Monopoly Dreams

Selain seni dan sejarah tradisional, Anda juga bisa mengunjungi museum dengan konsep permainan monopoli. Monopoly Dreams yang berlokasi di The Peak Galleria akan memberikan pengalaman lain bagi Anda pecinta permainan.

Pasalnya, Anda akan dibawa ke dalam dunia monopoli mulai dari kediaman Mr Monopoly, menjelajah Kota Monopoly, hingga berbagai area interaktif yang terinspirasi dari papan permainan monopoli.

Monopoly Dreams. Dok. Hong Kong Tourism Board Monopoly Dreams.

Tak lupa juga terdapat replika penjara lengkap dengan toilet palsu, kasur lipat, dan rantai palsu. Anda juga dapat mengunjungi stasiun kereta yang merupakan sebuah bioskop 4D.

Monopoly Dream juga dilengkapi dengan berbagai area atraksi seru seperti wahana pekerjaan air, menangkap uang monopoli yang diterbangkan oleh mesin angin, dan permainan bergaya roulette.

Baca juga: Mengunjungi Monopoly Dreams, Nostalgia Permainan Keluarga Legendaris

Dengan protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah Hong Kong, liburan ke negara ini setelah pandemi menjadi pilihan yang tepat dan aman.

Selain bandara dan lokasi wisata, Hong Kong juga menerapkan protokol kesehatan untuk hotel, restoran, transportasi umum, dan fasilitas umum lainnya.

Selain keempat destinasi wisata di atas, Hong Kong juga memiliki tempat wisata lain yang tak kalah seru untuk dikunjungi. Informasi lebih lanjut mengenai destinasi wisata Hong Kong silakan klik tautan berikut ini.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya