Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Tempat Wisata di Semarang, Mulai dari Alam Sampai Sejarah

Kompas.com - Diperbarui 16/10/2022, 14:02 WIB
Lenny Septiani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada sejumlah tempat wisata Semarang, baik di kota maupun kabupaten, yang dapat dikunjungi bersama keluarga atau kerabat saat berlibur.

Jika berkunjung ke Kota Lumpia, kamu bisa menemukan segudang tempat wisata, termasuk wisata alam dan tempat-tempat untuk mempelajari sejarah.

Baca juga: 15 Wisata Alam di Semarang, Cocok untuk Libur Panjang 

Oleh karena itu, Semarang pun menjadi destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi hari libur.

Pilihan tempat wisata Semarang

Berikut ini Kompas.com merangkum 25 tempat wisata di Kota dan Kabupaten Semarang:

1. Kota Lama

Kawasan Kota Lama, salah satu tempat wisata di Semarang.Shutterstock Kawasan Kota Lama, salah satu tempat wisata di Semarang.

Jejak peninggalan kolonial di Semarang dapat dijumpai di kawasan Kota Lama yang terletak di Jalan Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

Ketika berkunjung ke Kota Lama, kita akan merasakan sensasi seperti berada di luar negeri. Sebab, bangunan di sana memiliki gaya khas Eropa yang tak hanya menarik tetapi juga pas dijadikan latar berfoto.

Baca juga: 7 Spot Foto Instagramable di Kota Lama Semarang

Di Kota Lama, pengunjung juga dapat bersantai di Taman Srigunting, membeli barang-barang antik, berkeliling dengan sepeda, atau berkunjung ke Galeri Semarang dan Gereja Blenduk.

Fasilitas di Kota Lama yang tersedia, antara lain toilet, mushala, restoran dan kafe, museum, juga penyewaan sepeda.

Pengunjung tak perlu mengeluarakan biaya tiket masuk untuk mengunjungi Kota Lama alias gratis. Namun, mereka akan dikenakan biaya untuk menyewa sepeda dan menikmati fasilitas lainnya yang berbayar.

2. Benteng Pandem, Ambarawa

Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi, salah satu tempat wisata di Semarang.Kompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi, salah satu tempat wisata di Semarang.

Benteng Pandem atau Benteng Fort Willem I merupakan bangunan tua peninggalan Belanda. Tempat ini pas untuk latar belakang foto.

Benteng dengan arsitektur Belanda yang Instagramable ini terletak di Bugisari, Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Baca juga: 5 Kafe di Kawasan Kota Lama Semarang yang Asik untuk Nongkrong

Selain mengambil foto dengan latar keren dan eksotis, pengunjung juga bisa sekadar menikmati nuansa bangunan yang penuh sejarah ini.

Untuk mengunjungi benteng ini, pengunjung tidak akan dikenai tiket masuk alias gratis hanya perlu membayar tarif parkir bila membawa kendaraan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com