Bus Malang CIty Tour Akan Beroperasi Lagi Tahun 2021

Kompas.com - 17/10/2020, 16:50 WIB
Bus Malang City Tour (Macito) milik Pemkot Malang saat hendak mengantar sejumlah delegasi yang berkunjung ke Kota Malang pada 2019 lalu. KOMPAS.COM/ANDI HARTIKBus Malang City Tour (Macito) milik Pemkot Malang saat hendak mengantar sejumlah delegasi yang berkunjung ke Kota Malang pada 2019 lalu.

MALANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan mengoperasikan lagi Bus Macito (Malang City Tour) pada tahun 2021.

Pemkot Malang juga berencana menambah dua unit bus lagi.

"Sudah kita rencanakan akan ada empat unit bus. Dua pembelian baru, yang dua kita mengupayakan yang kemarin (Bus Macito yang sudah ada)," kata Wali Kota Malang, Sutiaji di Balai Kota Malang, Jumat (16/10/2020).

Baca juga: PO Putera Mulya Luncurkan Bus Social Distancing Rute Malang-Jakarta

Sutiaji mengatakan, dua unit bus yang ada saat ini dalam proses perubahan bentuk. Sebab, bentuk bus belum memenuhi standar kendaraan bus, sehingga tidak mendapatkan surat-surat kendaraan.

Adapun bentuk bus saat ini yakni lebih panjang dari yang seharusnya. Kemudian di lantai dua dibuat terbuka, sehingga dianggap membahayakan wisatawan.

"Jadi harus dirubah atas rekomendasi dari Ditlantas (Direktorat Lalu Lintas) Polri karena faktor keselamatan," katanya.

Baca juga: 5 Pantai di Malang yang Lokasinya Berdekatan, Apa Saja?

Oleh karena belum memiliki surat kendaraan serta tidak standar, dua bus Macito terpaksa berhenti beroperasi  sejak 1 Agustus 2019 lalu.

Bus itu resmi diluncurkan pada 29 Desember 2014. Dua unit bus itu merupakan hibah berupa tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari PT Krakatau Steel.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X