Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Wisata Alam Purwakarta, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Kompas.com - 17/10/2020, 20:08 WIB
Lenny Septiani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Purwakarta menawarkan keindahan alam yang tidak kalah dengan daerah lainnya di Jawa Barat.

Posisi Purwakarta yang berada di antara Jakarta dan Bandung menjadikannya sebagai salah satu pilihan wisata bagi wisatawan asal dua daerah tersebut.

Berikut rekomendasi 4 wisata alam di Purwakarta yang sudah Kompas.com rangkum.

1. Bukit Panenjoan

Panenjoan memiliki arti penglihatan. Makna tersebut sangat cocok bagi bukit ini karena merupakan tempat melihat pemandangan alam.

Bukit Panenjoan dulunya berupa lahan tandus. Warga setempat kemudian mengubahnya menjadi tempat wisata alam.

Bukit Panenjoan Salemhttps://www.instagram.com/panenjoan_salem/ Bukit Panenjoan Salem

Pengunjung akan disuguhkan dengan panorama indah, seperti kebun teh, persawahan, rumah warga, pegunungan, hingga Waduk Jatiluhur.

Baca juga: Tebing Boyer, Wisata Kekinian Purwakarta yang Tersembunyi di Sukatani

Selain itu, pengunjung juga dapat berziarah ke makam Syaikh Daka, berfoto di jembatan bambu panjang yang lengkap dengan spot foto, atau sekadar bersantai menikmati suasana sejuk.

Harga tiket masuk Bukit Panenjoan adalah Rp 5.000 per orang, tarif parkir Rp 3.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

2. Waduk Jatiluhur

Tak hanya sekadar menjadi bendungan, Waduk Jatiluhur juga menjadi tujuan wisata Purwakarta yang eksotis dengan keindahan pemandangannya.

Waduk Jatiluhur dengan luas 8.300 hektar ini terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Pemandangan yang tersaji, antara lain berupa keindahan Gunung Parang dan Gunung Bongkok.

Atlet dayung nomor canoe Yuda Firmansyah berlatih dalam Pelatnas Dayung di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (16/6/2020). Adaptasi dengan keadaan yang berubah selama pandemi ditempuh para atlet dari sejumlah cabang olahraga, salah satunya latihan mandiri di rumah masing-masing, hingga latihan bersama pelatih via konferensi video.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Atlet dayung nomor canoe Yuda Firmansyah berlatih dalam Pelatnas Dayung di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (16/6/2020). Adaptasi dengan keadaan yang berubah selama pandemi ditempuh para atlet dari sejumlah cabang olahraga, salah satunya latihan mandiri di rumah masing-masing, hingga latihan bersama pelatih via konferensi video.

Aktivitas yang dapat dilakukan di waduk Jatiluhur meliputi keliling waduk dengan perahu, memancing, bermain di waterboom, bermain tenis, wisata kuliner di restoran apung, berfoto, bersantai, sampai berkemah.

Baca juga: Saatnya Liburan ke Purwakarta, Bakal Ada Desa Wisata Baru

Tarif masuk Waduk Jatiluhur adalah Rp 25.000 per orang, tarif parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tarif sewa perahu keliling waduk adalah Rp 350.000 per putaran.

3. Sungai Cidomas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com