Tak Semua Masyarakat di Sumba Bisa Menenun, Ini 5 Sentra Produksinya

Kompas.com - 19/10/2020, 12:01 WIB
Pengrajin tenun tradisional Sumba (Dok. Traval.co) Pengrajin tenun tradisional Sumba

KOMPAS.com - Meski dikenal identik dengan tradisi tenun, nyatanya tak semua masyarakat Sumba bisa menenun.

Hal tersebut terungkap dalam acara Virtual Heritage "Eksotisme Tenun Sumba" yang diselenggarakan Traval.co, Sabtu (18/10/2020).

Salah satu kabupaten yang terkenal akan kerajinan tenun Sumbanya adalah Kabupaten Sumba Timur. Ada beberapa wilayah tertentu yang terkenal sebagai penghasil tenun Sumba Timur.

Baca juga: Yuk, Virtual Traveling Jelajah 8 Budaya, dari Lasem hingga Sumba

Wilayah itu tersebar sebagian besarnya di pesisir utara hingga tenggara, di antaranya sentra Kanatang, sentra Kambera, sentra Umalulu, sentra Rindi, dan sentra Kaliuda.

Pada virtual heritage kali ini, peserta akan diajak menjelajahi 5 sentra perajin tenun Sumba Timur. Bagi yang ketinggalan virtual turnya, kamu bisa menyaksikan siaran ulangnya di channel Youtube Pesona Indonesia.

Model menggunakan tenun ikat sumba di Bukit Wairinding, Waingapu, Sumba Timur, Kamis (11/07/2019).  Bukit Wairinding menjadi Salah satu daya tarik destinasi wisata di Sumba Timur.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Model menggunakan tenun ikat sumba di Bukit Wairinding, Waingapu, Sumba Timur, Kamis (11/07/2019). Bukit Wairinding menjadi Salah satu daya tarik destinasi wisata di Sumba Timur.

1. Sentra Kambera

Sentra produksi tenun Sumba Timur yang bisa dikunjungi adalah sentra Kambera. Wisatawan bisa melihat langsung proses tenun ikat Sumba Timur dengan berkunjung ke salah satu Kampung, yaitu Kampung Raja Prailiu, tepatnya Kampung Kambata.

Kain tenun di daerah ini memiliki 18 corak, di antaranya tugu tengkorak, singa, ayam, udang, buaya, penyu, matahari, dan bulan.

2. Sentra Kanatang

Sentra berikutnya yang bisa dikunjungi adalah sentra Kanatang di Sumba Timur. Wisatawan bisa melihat ragam corak pada kain tenun yang diproduksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X