Siap-siap, Semua Wisata Umbul di Klaten Akan Buka Kembali

Kompas.com - 19/10/2020, 16:31 WIB
Pengunjung Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyewa jasa warga setempat yang berprofesi sebagai fotografer bawah air, Minggu (14/8/2016). KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOPengunjung Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyewa jasa warga setempat yang berprofesi sebagai fotografer bawah air, Minggu (14/8/2016).

KOMPAS.com – Semua tempat wisata air di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, akan dibuka kembali. Namun, tanggal pastinya masih akan menunggu arahan.

Keputusan itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten Sri Nugroho kepada Kompas.com, Senin (19/10/2020).

“Kami telah melakukan kajian dan telah disepakati oleh tim Satgas Covid-19, tapi kami masih menunggu terbitnya Surat Keterangan (SK) Pjs Bupati tentang pembukaan wisata air,” kata dia.

Sembari menunggu pembukaan kembali, Nugroho mengimbau agar semua pelaku wisata air mematuhi standar kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020.

Baca juga: 5 Aktivitas Wisata di Watergong Klaten, Bisa Beli Ikan Segar

Adapun KMK tersebut tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Apabila tidak mematuhi dan menimbulkan klaster baru, SK akan dicabut kembali. (SK Pjs Bupati) akan mencabut Surat Edaran (SE) sebelumnya,” tutur Nugroho.

Sebelumnya, semua tempat wisata air diimbau untuk menutup kembali operasionalnya sejak 17 September 2020.

Umbul Manten di Klaten jelang Ramadhan 2019 lalu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Umbul Manten di Klaten jelang Ramadhan 2019 lalu.

Penutupan tertera dalam SE Sekretariat Daerah (Setda) Klaten Nomor 556/559/13 tentang Penutupan Sementara Kolam Renang dan Sejenisnya pada Masa Pandemi Covid-19.

Pembatasan waktu berwisata

Jika semua tempat wisata air sudah dibuka kembali, Nugroho mengatakan bahwa kegiatan berwisata akan dibatasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X