5 Curug di Tasikmalaya, Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

Kompas.com - 24/10/2020, 14:31 WIB
Curug DengDeng berada di desa Tawang, kecamatan Cikatomas, kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. DISPARBUD.JABARPROV.GO.IDCurug DengDeng berada di desa Tawang, kecamatan Cikatomas, kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

KOMPAS.com – Tasikmalaya menawarkan potensi wisata yang begitu menakjubkan. Salah satunya adalah curug yang pa dikunjungi saat libur panjang.

Liburan atau sekadar bersantai di curug merupakan salah satu aktivitas menarik saat hari libur lantaran suasana yang ditawarkan begitu nyaman dan menyejukkan.

Selain merasakan kesegaran air terjun, berfoto-foto di air terjun adalah hal yang tak boleh terlewatkan.

Berikut Kompas.com rangkum 5 curug yang ada di Tasikmalaya:

1. Curug Agung Galunggung

Curug Agung Galunggung memiliki ketinggian sekitar 80 meter yang terletak di Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya.

Curug ini menawarkan pesona air terjun yang menyala dan penuh warna dengan bantuan lampu LED. Warna yang dimunculkan, yakni hijau, merah, dan biru.

 

Curug Agung Galunggung Tasikmalayainstagram.com/icha_anan Curug Agung Galunggung Tasikmalaya

Meskipun begitu tinggi dan mempesona, pengunjung tidak dapat bermain tepat dibawah air terjun karena akses jalan yang tidak ada. Air terjun ini pun hanya dapat dinikmati dari kejauhan saja.

Meski begitu, berfoto dengan latar air terjun masih bisa dilakukan dari gardu pandang. Pesona air terjun yang menyala warna-warni hanya dapat dinikmati saat hari mulai gelap.

Baca juga: 5 Wisata Alam Tasikmalaya, Gunung hingga Sungai yang Unik

Untuk dapat menikmati pesona Curug Agung Galunggung, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

2. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng menawarkan pesona alam yang masih sangat asri dan memesona. Ada tiga tingkatan air terjun, yaitu 9 meter, 11 meter, dan 13 meter.

Terdapat mitos di curug ini, yakni dipercaya sebagai singgah Nabi Daud, sekaligus tempatnya berwudhu dan melantunkan suara azan.

Ada mitos pertarungan Pangeran Jaya Nalangsa dan Jaya Langsana. Mitos lain adalah siapa saja orang yang masih single, akan dilancarkan jodohnya jika berendam di kolam.

Curug Dengdeng Tasikmalayainstagram.com/chep_agan Curug Dengdeng Tasikmalaya

Di curug ini pengunjung dapat berenang di air yang jernih dan menyegarkan, mengambil foto-foto keren, memancing di area pemancingan, atau sekadar bersantai menikmati keasrian suasana curug.

Curug Dengdeng terletak di Cikatomas, Tawang, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya.

Di sana, tersedia fasilitas, seperti warung makan, toilet, area parkir, mushala, gazebo, dan kamar ganti.

Tiket masuk Curug Dengdeng sebesar Rp 5.000 per orang. Tarif parkir Rp 2.000 untuk roda dua, Rp 5.000 untuk roda empat, dan Rp 10.000 untuk roda enam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X