DAMRI Tawarkan Perjalanan Gratis ke Tempat Wisata di Banyuwangi

Kompas.com - 24/10/2020, 16:03 WIB
Sadengan, salah satu titik yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur. ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGISadengan, salah satu titik yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur.

KOMPAS.comDAMRI menawarkan perjalanan gratis ke sejumlah tempat wisata di Banyuwangi, Jawa Timur dalam rangka program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Berdasarkan informasi pada situs resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, layanan tersebut akan membawa wisatawan ke Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, Kawa Ijen, dan TN Baluran.

“Banyuwangi adalah salah satunya. Program ini sudah jalan sejak Kamis (15/10/2020) dan akan berlanjut hingga akhir tahun,” kata General Manager DAMRI Banyuwangi Resta Mahardika, mengutip situs resmi Pemkab Banyuwangi.

Baca juga: 5 Aktivitas di Pantai Boom Banyuwangi, Lihat Pentas 1.000 Penari Gandrung

Adapun, pelaksanaan program PEN dilakukan melalui kerja sama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menyediakan armada angkutan gratis pada kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

Saat ini, DAMRI menyediakan delapan armada yang terdiri dari empat unit bus medium berkapasitas 20 orang per armada, serta empat unit Hiace berkapasitas 14 orang per armada.

“Layanan ini setiap hari ada dan gratis. Penumpang tidak dikenakan biaya apa pun. Operasionalnya juga menggunakan standar protokol kesehatan Covid-19,” ujar Resta.

Pantai Pulau Merah di BanyuwangiSHUTTERSTOCK.com/DENIS MOSKVINOV Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Para petugas dan calon penumpang akan diperiksa suhu tubuhnya. Selain itu, mereka juga wajib memakai masker, jaga jarak, dan rutin menggunakan hand sanitizer.

Untuk keberangkatan, seluruh armada akan memulai perjalanan dari halaman parkir Taman Sritanjung dan menuju ke empat destinasi wisata yang telah disebutkan.

“Penumpang silakan mendaftar ke petugas. Saat ini, kami tengah menyiapkan pendaftaran online-nya. Ke depan, penumpang cukup mendaftar lewat DAMRI Apps untuk menyesuaikan jadwal dan kuota yang ada,” imbuh Resta.

Baca juga: Tips Wisata ke Kawah Ijen di Banyuwangi

BKepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi M Yanuarto Bramuda pun menyambut baik program tersebut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X