Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Wisata Tasikmalaya, Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

Kompas.com - Diperbarui 24/10/2022, 10:54 WIB
Lenny Septiani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada sejumlah tempat wisata Tasikmalaya yang menawarkan pengalaman unik atau panorama alam yang indah, yang dapat kita kunjungi saat libur panjang.

Beberapa di antaranya merupakan tempat wisata populer sementara lainnya mungkin masih belum banyak diketahui.

Baca juga: 6 Wisata Kabupaten Tasikmalaya, Ngarai sampai Pantai

Jika kamu berencana mampir ke daerah dengan julukan Sang Mutiara dari Priangan Timur saat libur panjang, Kompas.com merangkum 25 tempat wisata Tasikmalaya yang bisa kamu jajal.

Untuk diingat, tarif tiket masuk dan informasi lainnya bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk itu, pastikan selalu memperbarui informasi sebelum berkunjung.

Tempat wisata Tasikmalaya

1. Tonjong Canyon

Tonjong Canyon hadir dengan keindahan alam yang begitu indah, berupa tebing kecoklatan dan jernihnya air sungai.

Tempat wisata Tasikmalaya ini terletak di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya.

Di sini, pengunjung dapat berenang memacu adrenalin di sungai sambil menyegarkan tubuh. Mereka juga bisa bersantai menikmati pesona alam yang indah, berkemah, atau berfoto-foto dengan latar keren.

Tonjong Canyon, salah satu tempat wisata Tasikmalaya.instagram.com/tatonjongcanyon_ Tonjong Canyon, salah satu tempat wisata Tasikmalaya.

Namun, tempat ini belum terlalu populer, sehingga fasilitas belum memadai. Meski begitu, telah tersedia fasilitas, seperti area parkir, gazebo, toilet, dan mushala, dua gazebo, toilet dan mushala ada dekat area parkir, serta satu gazebo lagi di area Tonjong Canyon.

Akses menuju ke Tonjong Canyon dari area parkir memiliki medan yang cukup terjal dan jauh, sehingga memerlukan tenaga ekstra.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Lintas Selatan Jawa, Bisa Mampir Saat Mudik Lebaran

Tiket masuk Tonjong Canyon gratis. pengunjung perlu membayar parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Tarif sewa ban Rp 5.000, jasa pemandu cukup bayar seikhlasnya, dan berkemah tidak dipungut biaya.

2. Pantai Karang Tawulan

Salah satu pantai populer dan eksotis di Tasikmalaya adalah Pantai Karang Tawulan yang menawarkan pasir pantai putih dan tersembunyi di balik tebing.

Pantai Karang Tawulan yang indah ini terletak di Desa Cimanuk, Kalapagenep, Kecamatan Cikalong, Tasikmalaya.

Pantai Karang Tawulan, salah satu tempat wisata Tasikmalaya.disparbud.jabarprov Pantai Karang Tawulan, salah satu tempat wisata Tasikmalaya.

Di Pantai Karang Tawulan, pengunjung dapat menikmati pemandangan menawan berupa bebatuan karang, luasnya Samudra Hindia, dan keindahan sunset.

Fasilitas di Pantai Karang Tawulan, antara lain mushala, toilet, warung makan, gazebo, dan camping ground.

Baca juga: 8 Wisata di Jalur Semarang-Yogyakarta, Bisa Mampir Saat Mudik

Harga tiket masuk Pantai Karang Tawulan adalah Rp 3.500 per orang. Tarif parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

3. Kawah Karaha Bodas

Karaha Bodas merupakan kawah gunung api muda yang terletak di Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

Kawah ini menghasilkan panas bumi, juga fenomena fumarol dan solfatar, sehingga menimbulkan bau belerang.

Kawah Karaha Bodas, salah satu tempat wisata Tasikmalaya.instagram.com/survipeh Kawah Karaha Bodas, salah satu tempat wisata Tasikmalaya.

Meskipun begitu, Karaha Bodas menawarkan pemandangan yang indah dan eksotis dengan bebatuan putih, lengkap dengan teduhnya pepohonan pinus.

Baca juga: 10 Wisata Jepara, Ada Museum Kartini dan Taman Air Terbesar di Jateng

Pengunjung juga dapat menikmati sumber air panas untuk cuci muka dan merendam kaki. Keindahan Karaha Bodas pun sangat cocok dijadikan spot foto yang Instagramable.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com