Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2020, 19:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi wisatawan yang akan berlibur ke Banyuwangi, kini transportasi menuju sejumlah tempat wisata telah dimudahkan lantaran DAMRI menyediakan layanan gratis ke empat destinasi.

Adapun, kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Banyuwangi yang masuk dalam daftar rute layanan gratis adalah Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, dan TN Baluran.

Baca juga: Rekomendasi 6 Pantai di Banyuwangi, Ada Spot Surfing Kelas Dunia

“Banyuwangi adalah salah satunya. Program ini sudah jalan sejak Kamis (15/10/2020) dan akan berlanjut hingga akhir tahun,” kata General Manager DAMRI Banyuwangi Resta Mahardika, mengutip situs resmi Pemkab Banyuwangi.

Resta menambahkan, layanan tersebut tersedia setiap hari secara gratis dengan keberangkatan dimulai dari halaman parkir Taman Sritanjung.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut jadwal rute layanan DAMRI gratis yang telah Kompas.com rangkum, Sabtu (24/10/2020).

Rute Kawah Ijen

  • Keberangkatan pukul 09:00 WIB, 15:00 WIB, dan 21:30 WIB
  • Kepulangan pukul 09:00 WIB, 15:00 WIB, dan 21:30 WIB

Rute TN Baluran

  • Keberangkatan pukul 07:30 WIB, 12:00 WIB, dan 15:00 WIB
  • Kepulangan pukul 09:00 WIB, 11:00 WIB, dan 17:00 WIB

Rute TN Alas Purwo

  • Keberangkatan pukul 07:00 WIB dan 08:30 WIB
  • Kepulangan pukul 14:30 WIB dan 15:30 WIB

Rute Pantai Pulau Merah

  • Keberangkatan pukul 09:00 WIB dan 11:00 WIB
  • Kepulangan pukul 15:00 WIB dan 17:00 WIB

Saat ini, DAMRI menyediakan delapan armada yang terdiri dari empat unit bus medium berkapasitas 20 orang per armada, serta empat unit Hiace berkapasitas 14 orang per armada.

Para petugas dan calon penumpang akan diperiksa suhu tubuhnya. Selain itu, mereka juga wajib menggunakan masker, jaga jarak, dan rutin menggunakan hand sanitizer.

Baca juga: 4 Wisata Alam di Banyuwangi, dari Kawah Ijen hingga Alas Purwo

“Penumpang silahkan mendaftar ke petugas. Saat ini kami tengah menyiapkan pendaftaran online-nya. Ke depan, penumpang cukup mendaftar lewat DAMRI Apps untuk menyesuaikan jadwal dan kuota yang ada,” ujar Resta.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com