Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jateng Bersiap Sambut Libur Panjang, Ada Rapid Test di Tempat Wisata

Kompas.com - 26/10/2020, 20:08 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mulai bersiap menyambut libur panjang akhir Oktober 2020.

Persiapan salah satunya dilakukan dengan membuat posko pantau dan pos bergerak di sejumlah lokasi wisata yang diperkirakan akan dipadati wisatawan.

“Tiga pos pantau yang akan didirikan, yakni di Exit Tol Brebes, Gerbang Tol Kalikangkung, dan Simpang Bawen-Ambarawa,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng Satriyo Hidayat, dilansir dari Antaranews, Sabtu (24/10/2020).

Ia melanjurkan, pos pantau itu didirikan untuk melihat kenaikan volume arus lalu-lintas. Rekayasa lalu-lintas juga akan dilakukan, sehingga tidak terjadi kenaikan jumlah kendaraan.

Baca juga: Ranu Kumbolo Jawa Tengah di Telaga Dringo Banjarnegara Kini Mudah Dijangkau

Pihaknya akan memusatkan perhatian di enam wilayah, yakni sekitar Bandungan dan Dusun Semilir, Kabupaten Semarang, serta Obyek Wisata Belik dan Owabong di Kabupaten Banyumas. Kawasan lainnya adalah Dataran Tinggi Dieng, yakni Bukit Sikunir dan Candi Arjuna.

Khusus wisatawan yang hendak berkunjung ke Dieng, Satriyo meminta mereka yang menggunakan bus untuk parkir di Terminal Mendolo Wonosobo agar tidak terjadi kecelakaan.

Tempat wisata bernama Dusun Semilir Eco Park di Semarang.dok. Dusun Semilir Eco Park Tempat wisata bernama Dusun Semilir Eco Park di Semarang.

“Pulang dari Dieng itu turunannya panjang. Kalau tak terbiasa, penggunaan remnya tidak paham,” ujar dia.

Pihak Dishub Jateng juga akan melakukan rapid test secara sampling. Pelaksanaannya dipusatkan di Gerbang Tol Kalikangkung dan sejumlah obyek wisata.

Baca juga: Jalan Dieng via Bawang Ramai di Internet, Disebut Tol Kahyangan

“Selain di Kalikangkung, ada di Dusun Semilir, Owabong, Tawangmangu, dan Borobudur. Akan ada Mobile PCR (polymerase chain reaction) di sana,” kata Satriyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com