Jateng Bersiap Sambut Libur Panjang, Ada Rapid Test di Tempat Wisata

Kompas.com - 26/10/2020, 20:08 WIB
Kawasan Candi Arjuna Dieng yang berselimut kabut pada Pagi Hari. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAKawasan Candi Arjuna Dieng yang berselimut kabut pada Pagi Hari.

KOMPAS.com – Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mulai bersiap menyambut libur panjang akhir Oktober 2020.

Persiapan salah satunya dilakukan dengan membuat posko pantau dan pos bergerak di sejumlah lokasi wisata yang diperkirakan akan dipadati wisatawan.

“Tiga pos pantau yang akan didirikan, yakni di Exit Tol Brebes, Gerbang Tol Kalikangkung, dan Simpang Bawen-Ambarawa,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng Satriyo Hidayat, dilansir dari Antaranews, Sabtu (24/10/2020).

Ia melanjurkan, pos pantau itu didirikan untuk melihat kenaikan volume arus lalu-lintas. Rekayasa lalu-lintas juga akan dilakukan, sehingga tidak terjadi kenaikan jumlah kendaraan.

Baca juga: Ranu Kumbolo Jawa Tengah di Telaga Dringo Banjarnegara Kini Mudah Dijangkau

Pihaknya akan memusatkan perhatian di enam wilayah, yakni sekitar Bandungan dan Dusun Semilir, Kabupaten Semarang, serta Obyek Wisata Belik dan Owabong di Kabupaten Banyumas. Kawasan lainnya adalah Dataran Tinggi Dieng, yakni Bukit Sikunir dan Candi Arjuna.

Khusus wisatawan yang hendak berkunjung ke Dieng, Satriyo meminta mereka yang menggunakan bus untuk parkir di Terminal Mendolo Wonosobo agar tidak terjadi kecelakaan.

Tempat wisata bernama Dusun Semilir Eco Park di Semarang.dok. Dusun Semilir Eco Park Tempat wisata bernama Dusun Semilir Eco Park di Semarang.

“Pulang dari Dieng itu turunannya panjang. Kalau tak terbiasa, penggunaan remnya tidak paham,” ujar dia.

Pihak Dishub Jateng juga akan melakukan rapid test secara sampling. Pelaksanaannya dipusatkan di Gerbang Tol Kalikangkung dan sejumlah obyek wisata.

Baca juga: Jalan Dieng via Bawang Ramai di Internet, Disebut Tol Kahyangan

“Selain di Kalikangkung, ada di Dusun Semilir, Owabong, Tawangmangu, dan Borobudur. Akan ada Mobile PCR (polymerase chain reaction) di sana,” kata Satriyo.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X