Jelang Akhir Tahun, Seperti Apa Mobilitas Wisatawan di Tengah Pandemi?

Kompas.com - 27/10/2020, 08:08 WIB
Wisatawan berkunjung ke objek wisata Tamansari, Yogyakarta, Senin (19/10/2020). Di masa pandemi Covid-19, obyek wisata Tamansari menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjungnya. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOWisatawan berkunjung ke objek wisata Tamansari, Yogyakarta, Senin (19/10/2020). Di masa pandemi Covid-19, obyek wisata Tamansari menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjungnya.

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 sudah melanda Nusantara sejak 2 Maret 2020. Hingga saat ini, sejumlah pembatasan pergerakan massa di beberapa daerah telah mengalami beberapa perubahan, seperti periode transisi.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno mengatakan bahwa sejauh ini mobilitas wisatawan terlihat masih belum terlalu masif, khususnya terkait transportasi udara.

“Terlebih dengan adanya beberapa peningkatan kasus, walau jarang terjadi penularan di pesawat,” kata dia dalam TravelCast, podcast Kompas.com kanal Travel bertajuk “Update Industri Pariwisata bersama Astindo”, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: DAMRI Tawarkan Perjalanan Gratis ke Tempat Wisata di Banyuwangi

Pauline melanjutkan, sebagian masyarakat juga masih merasa khawatir untuk naik pesawat, meski sudah diyakinkan bahwa pesawat memiliki sirkulasi udara yang aman.

Dirinya pun memandang bahwa wisatawan lebih gemar bepergian naik kendaraan pribadi, seperti mobil untuk melancong ke Yogyakarta atau Bali dari Jakarta.

“Bersama keluarga sendiri, atau komunitas yang mereka yakin sama bersihnya atau sterilnya dengan mereka,” ujar Pauline.

Ilustrasi naik mobilShutterstock Ilustrasi naik mobil

Terlebih lagi, tambah dia, salah satu syarat untuk menaiki transportasi udara adalah membawa hasil negatif tes Covid-19.

Hal tersebut, membuat beberapa wisatawan merasa takut karena terdapat banyak kabar yang belum pasti terkait tingkat akurasi tes Covid-19, seperti rapid atau PCR.

Road trip dan wisata alam

Adapun, salah satu jenis wisata yang akhir-akhir ini kerap dilakukan masyarakat adalah road trip dan mengunjungi tempat wisata alam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X