Antisipasi Libur Panjang, Garut Siapkan Ambulans di Tempat Wisata

Kompas.com - 27/10/2020, 15:37 WIB
Rakit yang digunakan menuju Candi Cangkuang, peninggalan Hindu Abad ke-8, di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (13/1/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAHRakit yang digunakan menuju Candi Cangkuang, peninggalan Hindu Abad ke-8, di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (13/1/2018).

KOMPAS.com – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Budi Gun Gun mengatakan, pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan guna mengantisipasi kunjungan wisatawan selama libur panjang.

“Di libur panjang 2020, di setiap tempat wisata ada ambulans. Untuk evakuasi kalau ada hal yang tidak diinginkan,” kata dia kepada Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Budi menjelaskan, pihaknya sudah bekerja sama dengan puskesmas setempat untuk menyediakan satu ambulans di setiap tempat wisata, termasuk Pantai Santolo dan Pantai Rancabuaya.

Baca juga: Tempat Wisata Baru Garut, Wisata Alam Leuwi Daleum

Hari ini pihaknya juga sudah menyebarkan surat edaran ke setiap hotel, restoran, dan tempat wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat terkait protokol kesehatan.

“Seluruh hotel, restoran, dan tempat wisata wajib menerapkan protokol kesehatan untuk memberi kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan,” ujar Budi.

Guna memastikan para pelaku pariwisata taat dalam menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan yang telah ditentukan, mereka akan dipantau secara berkala.

Pantai Santolo GarutDOK. Disparbud Kab. Garut Pantai Santolo Garut

Jika kedapatan ada pelaku pariwisata yang abai terhadap protokol kesehatan, mereka akan diberi teguran secara keras.

“Kalau mereka bandel, akan ditutup sementara sebelum memenuhi protokol kesehatan. Kami akan ada tim pemantauan terkait protokol kesehatan,” ujar Budi.

Wisatawan yang sakit dilarang masuk Garut

Budi melanjutkan, pihaknya juga selalu menegakkan penerapan protokol kesehatan untuk menjaga agar Kabupaten Garut dapat dikunjungi wisatawan dengan aman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X