Libur Panjang di Jabar, Ada Rapid Tes Acak untuk Wisatawan

Kompas.com - 28/10/2020, 19:09 WIB
Ilustrasi Jawa Barat - Tempat wisata Kawah Putih di Kabupaten Bandung. SHUTTERSTOCKIlustrasi Jawa Barat - Tempat wisata Kawah Putih di Kabupaten Bandung.

 

KOMPAS.com – Provinsi Jawa Barat (Jabar) memiliki sejumlah destinasi wisata yang mudah untuk diakses oleh wisatawan dari beberapa daerah di sekitarnya termasuk DKI Jakarta.

Sebagai langkah mengantisipasi kedatangan wisatawan, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jabar Iwan Darmawan menuturkan, pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan.

“Gubernur memerintahkan Disparbud dan Satgas Covid-19 untuk lakukan random sampling di beberapa wilayah,” kata Iwan kepada Kompas.com, Rabu (28/10/2020).

Random sampling yang dimaksud yakni rapid test secara acak pada wisatawan di daerah Jawa Barat.

Jika ditemukan wisatawan hasil reaktif dari rapid test, maka langkah selanjutnya akan dilakukan swab test.

 

Baca juga: Itinerary Road Trip 3D2N di Jawa Barat dari Bogor ke Bandung

Memastikan penerapan protokol kesehatan

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemeriksaan ke beberapa daerah untuk memastikan bahwa penerapan mitigasi terutama protokol kesehatan.

Hari ini, Iwan mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan perjalanan dari Ujung Genteng, Sukabumi hingga Pangandaran untuk melakukan pemeriksaan.

Selain memeriksa protokol kesehatan, jalur lintasan juga dilakukan pengecekkan agar wisatawan yang akan liburan ke Jabar merasa nyaman selama di perjalanan.

“Ada beberapa titik jalan amblas, dan Dinas PU sudah membenahinya. Kita tidak bisa cegah hal-hal itu, yang penting kewaspadaan. Dari sisi personil, seluruh Dinas dikerahkan. Semua disebar supaya wisatawan nyaman,” ujar Iwan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X