Catat, Ini Titik Rapid Test Wisatawan di Jabar

Kompas.com - 28/10/2020, 20:17 WIB
Ilustrasi Jawa Barat - Tempat wisata Tangkuban Parahu. SHUTTERSTOCKIlustrasi Jawa Barat - Tempat wisata Tangkuban Parahu.

KOMPAS.com – Provinsi Jawa Barat (Jabar) tengah mempersiapkan diri menyambut kunjungan wisatawan selama libur panjang.

“Mencegah wisatawan tidak masuk itu tidak bisa. Gubernur perintahkan Disparbud dan Satgas Covid-19 untuk lakukan random sampling di beberapa wilayah,” kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jabar Iwan Darmawan kepada Kompas.com, Rabu (28/10/2020).

Dia melanjutkan, terdapat sejumlah wilayah yang memilki titik rapid test yakni Bogor Selatan dan Kawasan Puncak di Kabupaten Bogor, Pangandaran, dan Kota Tasikmalaya.

Baca juga: Liburan ke Puncak Bogor, Wisatawan Wajib Rapid Test Covid-19

Selanjutnya ada Lembang di Kabupaten Bandung Barat, area Bandung Selatan, dan Soreang di Kabupaten Bandung.

“Bandung Selatan untuk mitigasi untuk yang menuju Ciwidey dan Pangalengan. Lalu pintu-pintu masuk utama setelah tol,” tutur Iwan.

Iwan menambahkan, terdapat beberapa kabupaten/kota yang melaksanakan random sampling tanpa bantuan Pemprov Jabar.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar titik rapid test di sejumlah daerah di Jabar berdasarkan data yang Kompas.com terima. Perlu dicatat bahwa data akan terus berubah sesuai situasi dan kondisi:

  • Kabupaten Garut: Cipanas, Sampireun, Green Kamojang
  • Kabupaten Bandung Barat: Farmhouse, Hotel Putri Gunung, The Lodge, Grafika
  • Kota Tasikmalaya: Komplek olahraga Dadaha, Obyek wisata Situ Gede, Obyek wisata Karangresik, kafe dan pusat kuliner HZ Mustofa, kafe dan pusat kuliner Simpang 5, dan kafe dan pusat kuliner Unsil
  • Kabupaten Cianjur: Rest area Puncak Seger Alam, Haurwangi, dan Gekbrong
  • Kabupaten Indramayu: Pantai Karangsong, Pantai Tirtamaya, Pantai Balongan Indah, Pantai Plentong, Pantai Eretan, dan Kuliner Cimanuk
  • Kabupaten Bogor: Gadog, Cimory, dan Taman Bunga
  • Kota Cimahi: Alun-alun Cimahi, Cimahi Mall, dan Cibeureum (pintu masuk Cimahi)
  • Kabupaten Pangandaran: Pantai Batukaras, Green Canyon, dan Pantai Pangandaran
  • Kabupaten Bandung: Kawah Putih, Patengan
  • Kabupaten Sukabumi: Ciletuh, Ujung Genteng
  • Kota Sukabumi: Situ Gunung, Selabintana, Lido
  • Kota Bandung: Kebun Binatang Bandung dan Taman Lalu Lintas
  • Kabupaten Purwakarta: Tol Cikopo
  • Kabupaten Cirebon: Perempatan Palimanan, gerbang Tol Palimanan, Plered, Kedawung, Pangenan, Losari, Rest Area KM 207 dan KM 208, Rest Area KM 228 dan KM 229, Beber, dan Exit Tol Ciperna

Selain random sampling, untuk Kawasan Puncak Bogor, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan pada Senin (26/10/2020) mengumumkan bahwa wisatawan wajib mengikuiti rapid test.

Adapun rapid test rencananya akan dilakukan di tiga lokasi yakni di Gadog, Taman Wisata Matahari, dan tempat masuknya Gunung Mas.

Pengamanan di destinasi wisata ditingkatkan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X