Libur Panjang, Ketua PHRI Malang Pastikan Tiap Hotel Punya Kamar Isolasi

Kompas.com - 29/10/2020, 17:31 WIB
Ilustrasi Hotel dengan Protokol Kesehatan. Dok. Puskompublik KemenparekrafIlustrasi Hotel dengan Protokol Kesehatan.

KOMPAS.com - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Malang Bambang Christianto mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan wisatawan pada momen libur panjang akhir Oktober mulai Rabu (28/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020).

Salah satu antisipasi adalah tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat di hotel. Ia menegaskan bahwa setiap hotel di Kabupaten Malang telah memiliki satu kamar isolasi tamu bergejala Covid-19.

Baca juga: Libur Panjang, Lama Inap Tamu di Hotel Bogor Rata-rata 2 Hari 1 Malam

"Mendekati long weekend ini, Standar Operasional Prosedur harus dengan ketat diperlakukan untuk menjaga, memberikan kenyamanan, keamanan kepada tamu, serta kesehatan tamu dan karyawan," kata Bambang saat dihubungi Kompas.com, Kamis (29/10/2020).

Lanjut dia, setiap hotel di Kabupaten Malang memang harus memiliki kamar isolasi tamu bergejala Covid-19.

Teknisnya, jika ada tamu diketahui bersuhu badan tinggi atau di atas 37,3 derajat celsius, maka tidak diperkenankan masuk ke kamar hotel yang telah dipesan. Tamu itu harus beristirahat sementara di kamar isolasi yang telah disediakan.

Ilustrasi kamar hotelDok. Arnava Bogor Hotel Ilustrasi kamar hotel

"Kemudian kita cek, kadang dengan kondisi jalan macet seperti itu, kondisi panas di mobil, mereka langsung kita cek suhu tubuh, kadang kondisi suhu tubuh bisa naik. Ini kita isolasi atau kita duduk santai di kamar yang sudah disiapkan," ujar Bambang.

Selanjutnya apabila saat dicek kembali, suhu tubuh tamu tersebut tidak juga turun, pihaknya akan menghubungi Dinas Kesehatan.

"Kami juga sudah koordinasi ke rekan-rekan dengan dinas. Kita juga share nomor hotlinenya. Kalau ada apa-apa bisa langsung koordinasi dengan mereka," tambah dia.

Baca juga: Florawisata San Terra Malang Buka Lagi, Kapasitas Pengunjung 50 Persen

Selain menyediakan kamar isolasi di tiap hotel, pihaknya juga memastikan bahwa standar protokol kesehatan sudah tersedia.

Hal-hal seperti penyediaan sarana cuci tangan di pintu masuk, tisu, pengecekan suhu tubuh, hingga petugas bermasker dan mengenakan face shield juga sudah diterapkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X