Okupansi Hotel Bintang di Banyuwangi Diprediksi Naik Saat Libur Panjang

Kompas.com - 29/10/2020, 19:07 WIB
ILUSTRASI - Kamar hotel Shutterstock/August_0802ILUSTRASI - Kamar hotel

KOMPAS.com – Ketua BPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banyuwangi Zaenal Muttaqin mengatakan bahwa okupansi hotel di Banyuwangi, Jawa Timur diprediksi meningkat selama libur panjang.

“Prediksi tanggal 27-31 Oktober untuk hotel bintang rata-rata 58 persen. Tapi tidak dipungkiri ada satu atau tiga anggota PHRI yang tingkat okupansinya bisa mencapai 80-90 persen,” kata dia kepada Kompas.com, Rabu (28/10/2020).

Sementara itu untuk prediksi hotel non-bintang, tingkat okupansi selama libur panjang adalah sekitar 45 persen.

Baca juga: Catat, Rute Layanan DAMRI Gratis ke Tempat Wisata di Banyuwangi

Untuk tingkat okupansi hotel bintang pada 1-26 Oktober, Zaenal mengungkapkan angkanya adalah sekitar 45 persen, sementara hotel non-bintang berada di bawah 40 persen.

Selama libur panjang ini, pemesanan kamar yang mayoritasnya berasal dari para tamu di daerah Jawa Timur adalah untuk masa inap selama 2-3 hari.

“Tapi tidak menutup kemungkinan ada yang menginap sampai seminggu. Cuma belum nemu angka pasti untuk berapa lama mereka menginap,” ujar Zaenal.

Protokol kesehatan tak pernah kendor

Sejak Banyuwangi memasuki era new normal dan sejumlah hotel mulai beropesi kembali, Zaenal mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan tidak pernah kendor.

“Jelang libur panjang pun kami tetap berkomitmen untuk tetap terapkan protokol kesehatan. Makin ditingkatkan, bahkan di setiap pertemuan skala kecil atau besar tetap diterapkan protokol ksehatan,” imbuh dia.

Salah satu protokol kesehatan yang diterapkan oleh beberapa hotel di Banyuwangi adalah setiap peserta yang mengikuti kegiatan pertemuan wajib melakukan rapid test.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X