Libur Panjang, Tamu Hotel di Kabupaten Malang Mayoritas dari Surabaya

Kompas.com - 29/10/2020, 20:31 WIB
ILUSTRASI - Kamar Hotel Shutterstock/Dragon ImagesILUSTRASI - Kamar Hotel

KOMPAS.com - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Malang Bambang Christianto mengatakan, hotel- hotel di Kabupaten Malang sudah dipesan oleh tamu dari luar kabupaten untuk libur panjang akhir Oktober 2020.

Mayoritas tamu hotelnya, kata dia, berasal dari daerah Surabaya, disusul daerah lainnya di Jawa Timur, seperti Sidoarjo, dan Gresik. Ada juga tamu dari daerah luar Provinsi Jawa Timur, seperti Semarang, Yogyakarta dan Salatiga.

"Kemudian dari Jawa Tengah, bergeser ke Jawa Barat lalu DKI Jakarta. Berdasarkan tingkat hunian kunjungan secara daerah asal," kata Bambang saat dihubungi Kompas.com, Kamis (29/10/2020).

Baca juga: Libur Panjang, Ketua PHRI Malang Pastikan Tiap Hotel Punya Kamar Isolasi

Data tersebut juga sama seperti hari libur panjang lainnya. Setiap hari libur nasional atau libur panjang, parkiran hotel selalu diisi mobil dengan plat luar Kabupaten Malang.

Untuk para tamu dari Jawa Barat, banyak yang berasal dari daerah Bandung, Cirebon, dan Majalengka.

Lama menginap tamu di hotel saat libur panjang 2-3 hari

Selain itu, Bambang juga mengatakan rata-rata lama tamu menginap saat libur panjang kali ini. Jelasnya, para tamu hotel yang berasal dari luar Kabupaten Malang memilih memesan kamar 2-3 hari.

"Kalau long weekend ini mereka 2-3 hari. Biasanya 2 atau 3 hari. Kalau misal mereka menginap satu hari, kemudian belum pesan di tempat lain, terlalu berisiko. Karena kalau di Kota Batu sendiri misalnya dengan kondisi weekend ini terutama hotel-hotel pasti penuh, tapi kalau di Kabupaten Malang saya kira masih bisa dipesan," jelasnya.

Lanjut dia, setiap hotel di Kabupaten Malang telah menyiapkan diri untuk menghadapi libur panjang akhir Oktober ini.

ILUSTRASI - Kamar hotelShutterstock/August_0802 ILUSTRASI - Kamar hotel

Mulai dari penyediaan sarana protokol kesehatan, seperti tempat cuci tangan, pengecekan suhu tubuh tamu dan staf, lalu para staf juga mengenakan masker dan face shield.

Selain itu, jika ada tamu yang bersuhu badan tinggi atau lebih dari 37,3 derajat celsius, maka akan diistirahatkan sementara di kamar isolasi hotel.

"Mendekati long weekend ini, standar operasional prosedur harus dengan ketat diperlakukan untuk menjaga, memberikan kenyamanan, keamanan kepada tamu, serta kesehatan tamu dan karyawan. Termasuk 1 kamar isolasi setiap hotel di Kabupaten Malang," kata Bambang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X