Dampak Corona, Citilink Hengkang dari Bandara Malikussaleh

Kompas.com - 30/10/2020, 07:07 WIB
Citilink Dok. CitilinkCitilink

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Maskapai Citilink dilaporkan hengkang dari rute penerbangan Bandara Malikussaleh, Aceh Utara ke Bandara Kualanamu Medan, Sumatera Utara sejak bulan lalu.

Pasalnya, maskapai plat merah itu mengeluh akan minimnya penumpang selama masa pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Kepala Tata Usaha Bandara Malikussaleh, Niswan, kepada Kompas.com, Kamis (29/10/2020) mengatakan, Citilink secara resmi tidak lagi melayani rute Malikussaleh-Kualanamu atau sebaliknya. Sebelumnya, maskapai itu melayani rute tersebut tiga kali dalam sepekan.

Baca juga: Ada Tiket Murah Citilink hingga Akhir Tahun di 13 Kota Ini

Saat ini, penerbangan komersial satu-satunya yang melayani rute Malikussaleh-Kualanamu hanya Wings Air yang terbang tiga kali dalam sepekan, yaitu Selasa, Kamis dan Sabtu.

Sejak Juli 2020, sambung Niswan, penerbangan di bandara itu mulai normal. Penumpang rata-rata 70-85 persen terpenuhi.

Namun, ada kabar tidak resmi yang pihaknya dapat bahwa Garuda Indonesia akan membuka rute baru di bandara itu. Rencananya Garuda Indonesia membuka rute Bandara Malikussaleh ke Bandara Sukarno-Hatta Jakarta.

Livery khusus di pesawat Airbus 320 milik Citilink.Dok. Citilink Livery khusus di pesawat Airbus 320 milik Citilink.

“Informasi ini kami dengar dari karyawannya Garuda. Namun secara resmi dari manajemen dengan surat tertulis kita belum terima," kata Niswan.

Pihaknya pun menyambut baik kabar itu karena akan memudahkan masyarakat Aceh untuk terbang ke Jakarta secara langsung tanpa harus transit di Medan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X