Kompas.com - 31/10/2020, 10:17 WIB

KOMPAS.com - Wisatawan di Pantai Lebak diminta hati-hati saat berada di sana. Pasalnya, ada potensi gelombang tinggi hingga mencapai enam meter.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten.

"Kami minta nelayan, warga setempat juga wisatawan tidak melakukan kegiatan di sekitar pesisir pantai," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Banten Sumardi di Posko Kesiapsiagaan Bencana wilayah selatan Lebak, Jumat (30/10/2020), dikutip dari Antara.

Baca juga: Nikmati 5 Pantai Eksotis dalam Sehari di Sawarna

Selain gelombang yang cukup tinggi, empat sampai enam meter, ada juga potensi tiupan angin kencang--bahkan mengeluarkan suara bergemuruh.

Cuaca buruk seperti itu, kata Sumardi, membahayakan dan dapat menimbulkan kecelakaan laut.

BPBD Banten mengoptimalkan pemantauan di sekitar pesisir selatan Lebak berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa fenomena La Nina akan berlangsung sampai April 2021.

Fenomena La Nina ditandai gelombang tinggi, curah hujan meningkat disertai tiupan angin kencang.

Baca juga: Asyik Menginap di Sawarna

Untuk mengurangi risiko kebencanaan, BPBD Banten kini mendirikan Posko Kesiapsiagaan bencana yang berlokasi di Villa Hejo Kiara Payung Kecamatan Panggarangan.

"Kami menjalin kerja sama dengan relawan, TNI, Polri, Rafi dan masyarakat untuk mengendalikan bencana jika sewaktu-waktu terjadi pada fenomena La Nina itu," katanya menjelaskan.

Menurut dia, BPBD Banten kini menyampaikan peringatan pada masyarakat, wisatawan dan nelayan agar tidak melakukan aktivitas di sekitar pesisir selatan Lebak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.