25 Tempat Wisata di Purwakarta, Wisata Alam Sampai Museum Canggih

Kompas.com - 01/11/2020, 07:07 WIB
Pemandangan dari atas Puncak Batu Tumpuk, Gunung Bongkok Purwakarta instagram.com/explorepurwakartaPemandangan dari atas Puncak Batu Tumpuk, Gunung Bongkok Purwakarta

KOMPAS.com – Kabupaten Purwakarta di Jawa Barat disebut sebagai kota pensiun karena menawarkan suasana yang jauh dari hiruk pikuk dan keramaian.

Meski begitu, Purwakarta menawarkan potensi wisata yang juga tak kalah saing dari kota lainnya.

Purwakarta pun menjadi salah satu destinasi wisata yang Berikut simak rangkuman 25 tempat wisata di Purwakarta:

1. Tebing Boyer

Salah satu tempat hits dan sedang viral fotonya di sosial media adalah Tebing Boyer yang menawarkan spot foto menarik dan instagramable.

Tebing dengan batuan tersusun ini berada di tepi Waduk Jatiluhur, tepatnya di Kampung Talun, Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Tebing Boyer Purwakartainstagram.com/charolinoktaviani Tebing Boyer Purwakarta

Selain mengambil foto, di sini pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Waduk Jatiluhur dan pegunungan, juga menikmati suasana yang menyejukkan.

Baca juga: 4 Wisata Instagramable di Purwakarta, Pas untuk Hunting Foto

Harga tiketnya adalah Rp 5.000 per orang. Tarif parkir kendaraan Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

2. Parang Gombong

Berkemah dengan pemandangan indah dari danau yang luas, rumput hijau, dan pegunungan, pastilah di Parang Gombong.

Parang Gombong menawarkan pesona matahari terbit maupun tenggelam yang begitu menawan. Lokasinya ada di Kutamanah, Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Parang Gombong Purwakartainstagram.com/paranggombong_pwk Parang Gombong Purwakarta

Selain pemandangan indah, tersedia pula spot-spot foto yang cantik dan instagramable, warung makan, WiFi di salah satu warung makan, serta mushala, dan toilet.

Harga tiket masuknya gratis. Bila berkemah tarifnya Rp 10.000 per orang. Tarif parkirnya Rp 10.000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk mobil.

3. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok sangat cocok untuk pemula dan menjadi lokasi berkemah karena memiliki ketinggian 985 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan durasi waktu pendakian sekitar 2 jam.

Gunung Bongkok yang memiliki dua puncak untuk digapai, yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpu, terletak di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta.

Gunung Bongkok Purwakartainstagram.com/explorepurwakarta Gunung Bongkok Purwakarta

Pemandangan yang begitu indah dapat dinikmati dari Gunung Bongkok. Pendaki dapat menikmati panorama Gunung Parang, Waduk Jatiluhur, dan Kota Purwakarta.

Panorama matahari terbit dari sini begitu memukau dan memberikan nuansa juga sensasi yang mendebarkan.

Pengunjung harus membayar administrasi sebesar Rp 12.000 per orang dan tarif parkir Rp 5.000 untuk motor.

4. Pasir Langlang Panyawangan

Pasir Langlang Panyawangan atau disebut juga Ujung Aspal merupakan hutan pinus dengan panorama indah dan udara sejuk.

Tempat dengan luas lahan sekitar 43 hektar ini berada tak jauh dari pusat Kota Purwakarta, tepatnya di Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Pasir Langlang Panyawangan Purwakartainstagram.com/explorepurwakarta Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta

Selain area berkemah, ada pula Pusakamulya Bike Park yang merupakan trek khusus olahraga downhill, Curug Pamoyanan, Goa Jepang, dan spot foto.

Baca juga: Tebing Boyer, Wisata Kekinian Purwakarta yang Tersembunyi di Sukatani

Harga tiket masuknya Rp 7.500 per orang, tarif parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor, dan Rp 10.000 untuk mobil.

5. Wanakula Camp

Wanakula Camp Camp berada di kaki Gunung Sunda dengan ketinggian sekitar 700 mdpl, tepatnya di Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Camping ground ini sangat cocok untuk berkemah bersama keluarga terutama yang membawa anak.

Tempat ini menawarkan suasana yang nyaman dan sejuk, seperti rumah nenek di kampung karena dikelilingi persawahan dan rumah warga.

Wanakula Camp, Purwakartainstagram.com/wanakula.camp Wanakula Camp, Purwakarta

Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas, seperti membajak sawah, berkebun, bermain ke air terjun, barbkeyu dan api unggun, sampai menikmati musik akustik.

Wanakula Camp menawarkan paket seperti 2 hari 1 malam seharga Rp 600.000 per orang, termasuk makanan dan camilan, juga pemandu untuk menemani aktivitas.

Ada pula paket gowes seharga Rp 850.000 per orang, sudah termasuk camping. Paket gowes hari pertama adalah camping dan gowes sepeda dilakukan pada hari kedua dengan rute sampai Tangkuban Parahu dan makan siang di kebun teh.

6.  Bukit Panenjoan

Kata Panenjoan memiliki arti penglihatan yang berarti tempat ini sangat cocok untuk melihat pemandangan alam.

Dulunya, Bukit Panenjoan merupakan lahan tandus yang diubah menjadi tempat wisata alam dengan menawarkan pesona alam berupa perkebunan teh, sawah, rumah warga, pegunungan, dan Waduk Jatiluhur.

Bukit Panenjoan Purwakartainstagram.com/nievayunieta18 Bukit Panenjoan Purwakarta

Bukit Panenjoan terletak di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Di sini, tersedia jembatan bambu panjang lengkap dengan spot foto untuk mengambil foto instagramable.

Baca juga: Saatnya Liburan ke Purwakarta, Bakal Ada Desa Wisata Baru

Pengunjung juga bisa sekadar bersantai menikmati suasana yang menyejukkan atau berziarah ke makan Syaikh Daka. Harga tiketnya Rp 5.000 per orang, tarif parkir Rp 3.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X