Kompas.com - Diperbarui 11/02/2022, 16:58 WIB

KOMPAS.com – Lokasinya yang tak begitu jauh dari ibu kota membuat sejumlah destinasi wisata Purwakarta menarik untuk dikunjungi di akhir pekan atau momen libur lainnya.

Kabupaten Purwakarta di Jawa Barat disebut sebagai kota pensiun karena menawarkan suasana yang jauh dari hiruk pikuk dan keramaian.

Meski begitu, Purwakarta menawarkan potensi wisata yang juga tak kalah saing dari kota-kota lainnya.

Kompas.com merangkum sejumlah destinasi wisata di Purwakarta yang bisa menjadi pilihan untuk kamu kunjungi bersama orang-orang tercinta.

Rekomendasi destinasi wisata Purwakarta

1. Tebing Boyer

Salah satu destinasi wisata Purwakarta yang dapat dikunjungi adalah Tebing Boyer.

Tempat ini sempat viral fotonya di media sosial adalah Tebing Boyer yang menawarkan spot foto menarik dan Instagramable.

Tebing dengan batuan tersusun ini berada di tepi Waduk Jatiluhur, tepatnya di Kampung Talun, Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Selain mengambil foto, di sini pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Waduk Jatiluhur dan pegunungan, juga menikmati suasana yang menyejukkan.

Baca juga: 4 Wisata Instagramable di Purwakarta, Pas untuk Hunting Foto

2. Parang Gombong

Parang Gombong Purwakartainstagram.com/paranggombong_pwk Parang Gombong Purwakarta

Jika mencari tempat berkemah dengan pemandangan indah dari danau yang luas, rumput hijau, dan pegunungan, Parang Gombong cocok menjadi pilihan.

Parang Gombong menawarkan pesona matahari terbit maupun tenggelam yang begitu menawan. Lokasinya ada di Kutamanah, Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Selain pemandangan indah, tersedia pula spot-spot foto yang cantik dan Instagramable, warung makan, WiFi di salah satu warung makan, serta mushala, dan toilet.

3. Gunung Bongkok

Anggota organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) sedang memanjat tebing dengan teknik bouldering di Gunung Bongkok, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (14/4/2019). Gunung Bongkok merupakan salah satu titik wisata panjat tebing di Jawa Barat.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Anggota organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) sedang memanjat tebing dengan teknik bouldering di Gunung Bongkok, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (14/4/2019). Gunung Bongkok merupakan salah satu titik wisata panjat tebing di Jawa Barat.

Gunung Bongkok sangat cocok untuk pemula dan dapat menjadi lokasi berkemah karena memiliki ketinggian 985 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan durasi waktu pendakian sekitar dua jam.

Pilihan destinasi wisata Purwakarta ini memiliki dua puncak untuk digapai, yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpu, terletak di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta.

Pemandangan yang begitu indah dapat dinikmati dari Gunung Bongkok. Pendaki dapat menikmati panorama Gunung Parang, Waduk Jatiluhur, dan Kota Purwakarta.

Panorama matahari terbit dari sini begitu memukau dan memberikan nuansa juga sensasi yang mendebarkan.

Pengunjung harus membayar administrasi sebesar Rp 12.000 per orang dan tarif parkir Rp 5.000 untuk motor.

Baca juga: 9 Alasan Gunung Parang di Purwakarta Cocok untuk Pendaki Pemula

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.