Rute dan Harga Tiket Wisata Platar Ombo di Sukoharjo

Kompas.com - 01/11/2020, 10:10 WIB
Keindahan Pemandangan dari Platar Ombo Sukoharjo. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAKeindahan Pemandangan dari Platar Ombo Sukoharjo.

KOMPAS.com – Kawasan selatan Kabupaten Sukoharjo yang berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, mempunyai beberapa tempat wisata.

Platar Ombo jadi salah satu tempat wisata yang ada di sana. Lokasinya berdekatan dengan tempat wisata lain, seperti Gunung Sepikul dan Gunung Pegat.

Platar Ombo pun kini jadi salah satu alternatif tempat wisata di sana yang bisa dikunjungi masyarakat.

Baca juga: Wisata Platar Ombo di Sukoharjo, Pesona Keindahan di Kaki Perbukitan

Itu karena panorama alam yang tersaji di sana begitu menawan dengan menawarkan pemandangan kaki bukit yang asri.

Rute menuju Platar Ombo dan harga tiketnya

Jika pernah berkunjung ke Gunung Sepikul yang memang lebih dahulu dikenal, maka rutenya sama. Alamat Platar Ombo berada di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dari pusat Kota Sukoharjo, rute paling mudah adalah lurus ke selatan melalui jalan utama menuju Wonogiri.

Setelah sampai di Kabupaten Wonogiri, tepatnya Terminal Giri Adipura atau Terminal Krisak, ada lampu merah dengan pertigaan.

Belok kanan di pertigaan itu dan lurus ikuti jalan itu sejauh sekitar 6,7 kilometer (km) atau kurang-lebih 10 menit.

Nantinya di kiri jalan ada belokan dengan plang petunjuk arah menuju Wisata Batu Seribu. Belok kiri dan lurus ikuti jalan sampai perempatan setelah Balai Desa Gentan.

Baca juga: Gunung Pegat di Sukoharjo, Spot Sunrise Menawan Dekat Kota Solo

Belok kiri di perempatan itu. Nantinya ada Masjid Besar Gentan. Belok kanan di gang kedua setelah masjid itu. Maka perjalanan akan sampai di area parkir Platar Ombo Sukoharjo.

Wisata Platar Ombo yang ada di Kabupaten Sukoharjo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Wisata Platar Ombo yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

Jika ditempuh dari pusat Kota Sukoharjo, maka rute tersebut memakan waktu sekitar 30 menit. Menuju Platar Ombo hanya bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi karena saat ini belum ada kendaraan umum yang sampai ke sana.

Setibanya di area parkir, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai di kawasan puncak Platar Ombo.

Untuk saat ini, harga tiket masuk Platar Ombo Sukoharjo masih gratis. Pengunjung hanya perlu membayar tarif parkir. Untuk sepeda motor, tarifnya Rp 2.000 saja.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X