Kompas.com - 02/11/2020, 18:10 WIB
Sejumlah petugas kesehatan menggelar kegiatan rapid test terhadap wisawatan yang mengarah ke Puncak Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSANSejumlah petugas kesehatan menggelar kegiatan rapid test terhadap wisawatan yang mengarah ke Puncak Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020).

KOMPAS.com – Bogor merupakan salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi oleh masyarakat. Tidak hanya pada akhir pekan dan libur panjang, bahkan pada hari biasa.

Selama libur panjang akhir Oktober 2020, Kabupaten Bogor melakukan rapid test secara acak (random sampling) kepada wisatawan yang hendak memasuki wilayahnya sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

“Gubernur melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor (adakan tes rapid),” kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Ahmad Sofyan kepada Kompas.com, Senin (2/11/2020).

Baca juga: Puncak Bogor Diprediksi Macet, Ini Alternatif Wisata Lain di Jabar

Berdasarkan data yang Kompas.com terima, Kabupaten Bogor mengadakan rapid test di posko Cisarua, Megamendung, Gadog Ciawi, dan Simpang Gadog Ciawi pada 29 Oktober – 1 November 2020.

Di posko Cisarua, sebanyak 390 wisatawan mengikuti tes rapid. Hasilnya adalah 24 orang dinyatakan reaktif dan langsung mengikuti tes swab.

Sementara di posko Megamendung, dari 200 wisatawan yang mengikuti tes rapid, hanya 13 orang saja yang dinyatakan reaktif dan langsung mengikuti tes swab.

Untuk posko Gadog Ciawi, sebanyak 815 wisatawan mengikuti tes rapid dengan hasil reaktif ditemukan pada 32 orang dan langsung mengikuti tes swab.

Baca juga: 10 Tempat Glamping di Bogor, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Kemudian, kegiatan tes rapid di Simpang Gadog Ciawi diikuti oleh 200 orang dengan hasil reaktif ditemukan pada lima orang yang langsung mengikuti tes swab.

Secara keseluruhan, sebanyak 1.605 wisatawan berkunjung ke Kabupaten Bogor selama libur panjang pekan lalu.

“Di posko, kita melayani tes rapid dan swab. Mereka sudah kita swab dan kita sudah koordinasi ke tempat asal mereka,” pungkas Ahmad.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X