Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piknik Sendiri atau dengan Keluarga, Mana yang Lebih Asyik?

Kompas.com - 05/11/2020, 11:11 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Piknik merupakan salah satu kegiatan wisata yang dapat dilakukan untuk melepas penat. Terlebih jika sudah berbulan-bulan terkurung di dalam rumah.

Rizaldy Yusuf (29) asal Tangerang atau akrab disapa Zaldy, mengatakan, dirinya sebelum pandemi Covid-19 kerap piknik sendiri atau bersama teman, setidaknya sebulan sekali.

“Gak pernah jauh-jauh. Quick choice Taman Menteng sama Taman Situ Lembang. Tempat wisata paling pernah ke Kota Tua sama ke Kebun Raya Bogor,” kata dia kepada Kompas.com, Selasa (3/11/2020).

Berbeda dengan Zaldy, Vidi Batlolone asal Jakarta Timur lebih sering piknik bersama keluarga dengan pilihan tempat yang lebih beragam.

Baca juga: Dana Hibah Pariwisata Gianyar Sekitar Rp 135 Miliar, 70 Persen untuk Hotel dan Restoran

“Kadang ke luar kota, tempat wisata di sekitar Jabodetabek, tempat main anak, atau ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA),” tutur Vidi kepada Kompas.com, Rabu (4/11/2020).

Kendati kegiatan piknik dengan keluarga hampir sering dilakukan sebelum pandemi Covid-19 melanda, Vidi mengatakan bahwa selama pandemi dirinya dan keluarga sudah pergi piknik dua kali.

Kegiatan piknik pertama adalah kemah singkat di Cibubur dan piknik kedua adalah di parkiran IRTI Monas.

“Tadinya mau ke Ancol, ternyata gak boleh bawa anak di bawah umur. Mau ke Kota Tua tutup, ke Monas tutup. Akhirnya gelar tikar di parkiran,” sambung Vidi.

Pilihan makanan untuk dibawa piknik

Selama melakukan kegiatan piknik, Zaldy selalu membawa makanan berat seperti roti atau nasi jika waktu kunjungannya sekitar pukul delapan pagi.

Sementara untuk piknik di sore hari, dia hanya membawa makanan ringan, seperti jajanan pasar dan air putih. Untuk makanan berat, Zaldy selalu beli di jalan.

“Kalau sama teman seringnya makanan ringan. Kalau pergi sendiri gampang buat bawa makanan berat karena lebih fleksibel. Gak ada yang ngeburu-buruin pindah tempat dan lain-lain,” ujar dia.

Baca juga: 10 Kota Terkecil di Dunia, Ada Kota Beruang Kutub

Sama halnya dengan Zaldy, Vidi juga membawa makanan berat dan makanan ringan selama piknik. Namun, makanan berat selalu dipersiapkan terlebih dahulu di rumah.

Biasanya, makanan berat seperti ayam goreng, ikan, tempe, dan sayur asam disiapkan, tergantung dengan waktu berangkat piknik.

“Kalau berangkat pagi, makanannya disiapin dari malam, seperti waktu mau ke Ancol yang akhirnya berakhir di parkiran IRTI,” ucap Vidi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com