Kompas.com - 05/11/2020, 15:44 WIB
Gunung Merapi dilihat dari udara di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAGunung Merapi dilihat dari udara di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

KOMPAS.com – Status Gunung Merapi naik dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III) oleh Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta pada Kamis (5/11/2020).

“Berdasarkan evaluasi data pemantauan, disimpulkan aktivitas vulkanik saat ini dapat berlanjut ke aktivitas yang membahayakan penduduk,” kata Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida, dilansir dari Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

Adapun, potensi bahaya letusan Gunung Merapi, menurut dia, adalah berupa guguran lava, lontaran material, dan panas sejauh maksimal 5 kilometer.

Baca juga: Wisata Kali Talang di Klaten yang Instagramable Berlatar Gunung Merapi

Kenaikan status Gunung Merapi menjadi Siaga pun juga memengaruhi obyek wisata yang ada di sekitarnya.

Salah satu tempat wisata di lereng Gunung Merapi yang terkena dampak dari peningkatan aktivitas Gunung Merapi adalah Kali Talang yang ada di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Kali Talang ditutup sementara

Akibat dari peningkatan aktivitas Gunung Merapi, Ekowisata Kali Talang pun ditutup dari aktivitas wisata.

Penutupan itu dikonfirmasi oleh pengelola Wisata Kali Talang bernama Jhulliyan saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

“Kegiatan kami tutup semua,” kata dia melalui pesan Whatsapp.

Kawah Gunung Merapi dilihat dari Kali Talang Klaten menggunakan lensa zoom.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawah Gunung Merapi dilihat dari Kali Talang Klaten menggunakan lensa zoom.

Jhulliyan melanjutkan, penutupan wisata Kali Talang sendiri mulai diberlakukan pada Kamis malam (5/11/2020).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X