Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Piknik dengan Keluarga Saat Pandemi

Kompas.com - 06/11/2020, 08:17 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sejak kasus positif Covid-19 pertama kali ditemukan di Indonesia pada Maret 2020, banyak masyarakat enggan berwisata untuk menghindari potensi terinfeksi.

Namun beberapa waktu belakangan, mobilitas masyarakat yang berlibur mulai terlihat, salah satunya aktivitas piknik.

Apabila ingin piknik dalam waktu dekat, terdapat sejumlah tips agar kegiatan berwisata tetap aman dari Covid-19.

“Cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak bukan lagi imbauan tapi kewajiban yang tidak bisa ditawar. Jangan pakai fasilitas seperti mainan anak-anak yang berpotensi (menularkan Covid-19),” kata Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia Hermawan Saputra kepada Kompas.com, Selasa (3/11/2020).

Baca juga: Pilihan 5 Tempat Piknik di Jakarta, Cocok untuk Akhir Pekan

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut tujuh tips aman saat berpiknik dengan keluarga di tengah pandemi Covid-19 yang telah Kompas.com rangkum, Rabu (4/11/2020):

  • Siapkan perlengkapan yang memadai

Ilustrasi vitamin D disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19.SHUTTERSTOCK/Alrandir Ilustrasi vitamin D disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19.

Dalam mempersiapkan barang-barang bawaan untuk piknik, Hermawan menyarankan agar calon wisatawan selalu membawa multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Untuk masker, jika jenis yang digunakan adalah masker bedah maka selama piknik para wisatawan harus membawa persediaan lebih banyak lantaran masker bedah hanya untuk sekali pakai.

Sementara untuk masker kain, masker berlapis sangat direkomendasikan agar lebih aman dari Covid-19. Setelah digunakan juga disarankan untuk segera dicuci.

  • Siapkan makanan dari rumah

Sebelum hendak berpiknik ria, ada baiknya makanan dipersiapkan terlebih dahulu untuk menghindari pembelian makanan di tempat piknik.

Menurut Hermawan, makanan yang disiapkan sendiri lebih baik ketimbang harus mampir ke restoran atau pusat kuliner publik.

Jika terpaksa mampir ke restoran, pastikan bahwa tempat makan tersebut terjamin kebersihannya. Mulai dari pelayanan hingga penyajian makanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com