Kompas.com - 06/11/2020, 17:18 WIB


KOMPAS.com – Wanawisata Kampung Rahong adalah sebuah kompleks wisata yang terletak di Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Area dengan luas kurang lebih 4,5 hektar ini telah berkembang menjadi wana wisata sejak 2009. Sebelumnya, area ini hanya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah.

“Lalu sama anak-anak pencinta alam Tapak Tiara dibersihkan, di sana dibikin flying fox. Awalnya itu dulu, lalu camping ground. Kesini-sini Alhamdulilah dari 2010 mulai ramai dikunjungi orang," tutur Staff Administrasi Wana Wisata Rahong Deru ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: 5 Tempat Piknik di Bandung, Pas Dikunjungi Bersama Teman dan Keluarga

Kini, Tapak Tiara tidak sendiri mengelola wanaiwsata Rahong. Ada Naskah Kesepakatan Kerjasama (NKK) untuk pengelolaan area wisata yang berbasis konservasi ini antara Perum Perhutani, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bandung Selatan, dan LMBH Kubangsari.

Pekemah sedang camping di area Hutan Pinus Rahong dengan tenda dome dan hammockDok. Instagram @rahong_petak_43c Pekemah sedang camping di area Hutan Pinus Rahong dengan tenda dome dan hammock

Enam klaster Wana Wisata Rahong

Di dalam area wanawisata Rahong, terbagi menjadi enam klaster tempat wisata. Enam klaster ini letaknya berdekatan satu sama lain.

Oleh karena itu, pengunjung bisa mengunjungi satu per satu dengan berjalan kaki. Ada pula petunjuk di tiap klaster yang memudahkan pengunjung jika ingin menelusuri keenam klaster tersebut.

Berikut enam klaster wanawisata Kampung Rahong.

1. Hutan Pinus Rahong

Area pertama adalah Hutan Pinus Rahong. Di area ini terdapat banyak aktivitas permainan menarik yang bisa kamu coba, seperti flying fox, paint ball, fun game dan camping ground.

Harga aktivitasnya mulai dari Rp 15.000, dan tiket masuk dibanderol Rp 5.000.

Selain berbagai aktivitas tersebut, seperti namanya kamu juga bisa menikmati keindahan hutan pinus yang rimbun.

Menurut Deru, banyak juga pengunjung yang berswafoto di sekitar area hutan pinus sebab ada beberapa instalasi spot yang digemari.

Baca juga: Curug Malela, The Little Niagara Asal Bandung Barat

2. Datar Pinus

Klaster ini khusus untuk kegiatan camping. Ada dua jenis kegiatan camping yang bisa pengunjung coba.

Pertama adalah camping seperti biasa dengan tenda dome bersama keluarga. Kedua adalah camping dengan kendaraan yang bisa dibawa masuk ke dalam area.

Deru menyebutnya sebagai Jeep Camp.

Selain itu banyak juga yang memanfaatkan area ini untuk berbagai acara outdoor. Seperti konser, prewedding, atau sekadar berkumpul bersama teman dan keluarga besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.