Aktivitas di Kampung Rahong Pengalengan, Camping hingga Main di Sungai

Kompas.com - 06/11/2020, 18:18 WIB
Wisatawan bermain arung jeram di Wana Wisata Rahong Dok. Instagram @rahong_petak_43cWisatawan bermain arung jeram di Wana Wisata Rahong


KOMPAS.com – Wanawisata Kampung Rahong bisa jadi salah satu tujuan untuk kamu ketika berlibur ke daerah Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Wanawisata ini punya enam klaster wisata sekaligus yang jaraknya tak terlalu jauh dari satu sama lain.

Berdiri sejak 2009, wanawisata Kampung Rahong ternyata berawal sebagai tempat pembuangan sampah.

Namun Pencinta Alam Tapak Tiara Pangalengan kemudian menyelamatkan area tersebut dengan mengubahnya perlahan jadi area wisata.

“Naluri Tapak Tiara yang menginginkan area wisata berbasis konservasi. Konsepnya memang berbasis konservasi dan ada edukasinya gitu,” kata Staff Administrasi wanawisata Rahong Deru ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

Secara total, area wanawisata seluas 4,5 hektar ini terbagi lagi ke dalam enam klaster berbeda.

Keenam klaster tersebut adalah Hutan Pinus Rahong, Datar Pinus, Wisata Alam Singkur, Wisata Kampung Singkur, Bukit Rahong, dan Jembatan Rahong.

Lantas, apa saja aktivitas wisata seru di wanawisata Kampung Rahong Pengalengan?

Pengunjung bisa bermain paint ball di Hutan Pinus RahongDok. Instagram @rahong_petak_43c Pengunjung bisa bermain paint ball di Hutan Pinus Rahong

Permainan di wanawisata Rahong

Karena areanya yang begitu luas dan beragam, ada berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berwisata di sini. Setiap klaster pun punya aktivitas unggulan.

Kawasan Hutan Pinus Rahong misalnya, ada beberapa permainan yang bisa kamu coba.

Aktivitas tersebut, seperti paint ball dengan harga Rp 85.000 per orang, flying fox Rp 15.000 per orang.

Lalu fun game yang harganya tergantung pada permintaan permainan masing-masing pengunjung. Harga per jamnya sekitar Rp 40.000–Rp 80.000 per orang.

Selain permainan seru, Hutan Pinus Rahong juga sering digunakan untuk area camping ground.

Tarif per malamnya yakni Rp 20.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk harga tiket masuk senilai Rp 5.000.

Berbagai aktivitas permainan seru juga bisa kamu nikmati di Wisata Kampung Singkur. Klaster ini terletak di dekat Sungai Palayangan yang mengalir dari Situ Cileunca.

Sebut saja tubing menggunakan ban menelusuri derasnya air Sungai Palayangan. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 50.000 – Rp 90.000 per orang tergantung jumlah orang yang ikut serta fasilitas dan jarak yang ditempuh.

Selain itu ada juga kegiatan rafting yang cocok dilakukan berkelompok bersama teman atau keluarga. Harganya juga bervariasi, mulai dari Rp 125.000 per orang.

Dalam satu paket rafting sudah termasuk konsumsi, alat pengaman, pemandu, asuransi, dan transportasi lokal.

Jika ingin memacu adrenalin tapi tidak mau basah-basahan, kamu bisa coba paket offroad seharga Rp 200.000 per orang. Dengan rute Gambung – Situ Cileunca atau Gunung Tilu – Warnasari, Situ Cileunca.

Harga tersebut sudah termasuk mobil land rover, supir, pemandu, alat pengaman, air mineral, dan camilan.

Jika ingin permainan yang lebih santai, seperti di Hutan Pinus Rahong, ada pula permainan semacam paint ball dan flying fox dengan harga masing-masing Rp 75.000 dan Rp 20.000.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X