Cek Harga Makanan di Kereta Api Bisa Lewat Sini supaya Tidak Kaget

Kompas.com - 07/11/2020, 11:11 WIB
Logo baru PT Kereta Api Indonesia (Persero). Dok PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) Logo baru PT Kereta Api Indonesia (Persero).

KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, sebuah unggahan di Twitter sempat viral soal harga makanan di kereta api jarak jauh yakni Rp 45.000 untuk paket nasi goreng dan minuman.

Manager Marketing Communication and Event Organizer PT Reska Multi Usaha Decil Christianto menuturkan, penumpang tidak perlu kaget lantaran mereka bisa cek harga terlebih dahulu.

Baca juga: Mau Naik Kereta Api? Ini Cara Beli Tiket KA Offline dan Online

“Sebenarnya bisa cek secara online, download aplikasi LokoMart atau akses situsnya,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (6/11/2020).

Decil melanjutkan, para pemegang tiket kereta api bisa memeriksa harga dan melakukan pemesanan secara online dengan langkah-langkah berikut:

  • Memiliki tiket kereta api
  • Unduh aplikasi LokoMart atau akses situs lokomart.id
  • Masukkan kode pemesanan tiket kereta api di bagian yang sudah tersedia
  • Daftar menu beserta harga bisa langsung dilihat dan dipesan

Namun, Decil menegaskan bahwa langkah-langkah tersebut baru bisa dilakukan saat kereta api yang dikendarai sudah berangkat atau sedang dalam perjalanan.

“Dicek setelah naik kereta api. Bisa juga tanya petugas untuk meminta buku menu,” kata Decil.

Untuk mengetahui harga menu dan melakukan pemesanan secara langsung saat berada di kereta api, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  • Minta buku menu ke pramugari atau pramugara yang sedang bertugas, atau berkunjung langsung ke Kereta Makan yang memiliki buku menu
  • Setelah melihat harga dan melakukan pemesanan, petugas kereta api akan melakukan konfirmasi
  • Lakukan transaksi pembayaran
  • Petugas akan memberikan setruk sebagai bukti transaksi pembayaran
  • Nikmati menu yang telah dipesan

Bawa bekal sendiri

Bagi yang ingin menghemat uang, Decil menuturkan bahwa pihaknya menyediakan menu alternatif yakni makanan ringan dengan kisaran harga Rp 15.000.

Selain itu, dia juga menyarankan agar penumpang membawa bekal sendiri saat naik kereta api jika enggan mengeluarkan uang.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X