Kompas.com - 08/11/2020, 10:39 WIB
Merapi lava tour Kompas.com/Ari PrasetyoMerapi lava tour


KOMPAS.com – Jasa wisata jeep lava tour di Gunung Merapi masih tetap beroperasi walaupun status gunung tersebut naik dari Waspada ke level Siaga.

“Jeep lava tour tetap buka, tetapi ada rute yang kita hilangkan, yaitu Bunker Kaliadem sama Bekas Rumah Mbah Maridjan,” kata pengelola Jeep Wisata TLCM bernama Bima saat dihubungi Kompas.com, Minggu (8/11/2020).

Kedua rute tersebut dihilangkan karena wilayah tersebut termasuk zona merah. Zona merah sendiri adalah area yang berjarak sekitar 5 kilometer (km) dari puncak Gunung Merapi.

Baca juga: Gunung Merapi Siaga, Bukit Klangon Tutup Semua Kegiatan Wisata

“Kami tetap buka karena kondisi merapi masih aman. Jika sudah darurat kami sendiri juga pasti akan tutup,” sambung dia.

Pembatasan rute jeep tour ini berlaku mulai Jumat (6/11/2020). Status Merapi naik dari Waspada ke level Siaga pada Kamis (5/11/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah itu, para pengelola jeep tour langsung melaksanakan rapat untuk menutup kawasan yang masuk ke dalam zona merah.

Aktivitas Jep lava Tour Gunung Merapi masih Beraktivitas seperti Biasa, namun dibatasi Kompas.com/Markus Yuwono Aktivitas Jep lava Tour Gunung Merapi masih Beraktivitas seperti Biasa, namun dibatasi

Bima menekankan bahwa para pengelola jeep tour akan tetap mengikuti peraturan keamanan yang berlaku agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Menurutnya, jika jeep tour masih buka berarti para pengelola akan memastikan bahwa keamanan wisatawan masih terjaga.

“Kami juga tidak mungkin melawan bahaya. Jika memang sudah berbahay,a tidak usah disuruh kami juga akan pergi atau menutup jeep wisata,” tegasnya.

Baca juga: Status Gunung Merapi Naik Jadi Siaga, Wisata Kali Talang Klaten Tutup

Sebelumnya, berdasarkan informasi di Kompas.com pemerintah Kabupaten Sleman telah menetapkan status tanggap darurat Gunung Merapi mulai 5 November sampai dengan 30 November 2020.

Langkah ini diambil setelah status Gunung Merapi ditingkatkan menjadi Siaga (Level III).

Berkaitan dengan ini, Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan bahwa tempat wisata yang berada di radius 5 km dari puncak Gunung Merapi untuk sementara tidak boleh dioperasikan.

Beberapa tempat wisata yang tutup di sekitar Merapi, di antaranya Bukit Klangon, Bunker Kaliadem, Kinahrejo, Kali Talang, dan Wisata Religi Turgo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.