Kompas.com - 08/11/2020, 12:37 WIB
Kubah lava Gunung Merapi terlihat dari Desa Kinahrejo, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (6/10/2020). Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menaikkan status Gunung Merapi dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III) dengan potensi letusan eksplosif dan awan panas sejauh lima kilometer. ANTARA FOTO/HENDRA NURDIYANSYAHKubah lava Gunung Merapi terlihat dari Desa Kinahrejo, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (6/10/2020). Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menaikkan status Gunung Merapi dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III) dengan potensi letusan eksplosif dan awan panas sejauh lima kilometer.


KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Sleman menutup beberapa tempat wisata di sekitar Gunung Merapi.

Penutupan itu dilakukan setelah aktivitas Gunung Merapi meningkat dari Waspada (Level II) ke Siaga (Level III) pada Kamis (5/11/2020).

Melalui surat edaran dari Bupati Sleman Nomor 76/Kep KDH/A/2020 tanggal 5 November 2020 tentang Status Tanggap Darurat Bencana Gunung Merapi, bupati Sleman telah menutup beberapa kawasan wisata di sekitar Merapi.

Beberapa kawasan wisata tersebut adalah Bukit Klangon, Bunker Kaliadem, Kinahrejo (Petilasan Mbah Maridjan), dan Wisata Religi Turgo. Kawasan wisata yang ditutup itu berada di zona merah, yakni sekitar 5 kilometer (km) dari puncak Gunung Merapi.

Baca juga: Gunung Merapi Siaga, Bukit Klangon Tutup Semua Kegiatan Wisata

Sementara itu, kawasan wisata selain yang disebutkan tadi masih diizinkan beroperasi secara terbatas.

Hal itu tertera dalam Surat Edaran Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Sleman No 361/963 tentang Kenaikan Status Gunung Merapi menjadi Siaga (Level III).

Penutupan kegiatan pariwisata di Bukit Klangon, Bunker Kaliadem, Kinahrejo, dan Wisata Religi Turgo ini akan dilakukan sampai adanya penurunan aktivitas Gunung Merapi.

Pemerintah desa setempat diminta menutup akses masuk menuju lokasi wisata yang disebutkan tadi.

Tempat wisata di Yogyakarta - Bukit Klangon.dok. Facebook Klangon Merapi Tempat wisata di Yogyakarta - Bukit Klangon.

Penutupan obyek wisata itu dianggap memberi dampak cukup signifikan terhadap pariwisata di sekitar kawasan Merapi. Itu karena banyak obyek yang baru kembali buka pasca-tutup akibat pandemi Covid-19.

“Pastinya ada dampak. Tapi belum dihitung perkiraannya. Untuk sementara sih karena destinasi wisata lain masih banyak yang dimiliki Sleman, mudah-mudahan tidak terlalu signifikan,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suciati Iriani Sinuraya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (8/11/2020).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.