Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Spanyol Pulihkan Pariwisata karena Pandemi Covid-19

Kompas.com - 09/11/2020, 12:18 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Pemerintah Spanyol gelontorkan dana mencapai 19,53 miliar Euro untuk memulihkan industri pariwisata negeri tersebut karena terdampak Covid-19.

Menurut Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI) Madrid Bayu Hari Saktiawan, dana tersebut dikeluarkan dalam rangka mendukung rencana peningkatan sektor pariwisata pasca-pandemi yang aman dan berkelanjutan.

“Pemerintah Spanyol telah menerbitkan satu plan namanya ‘Plan de Impulso’ untuk meningkatkan aktivitas strategis sektor utama Spanyol,” kata dia dalam webinar Sharing Best Practices “Pemulihan Sektor Pariwisata di Negara Eropa Barat dan Selatan”, Jumat (6/11/2020).

Baca juga: Cara Italia Pertahankan Industri Pariwisata Selama Pandemi Covid-19

Rencana peningkatan untuk sektor pariwisata ini terdiri dari 28 langkah yang diartikulasikan dalam lima tindakan.

Pertama adalah pemulihan kepercayaan di destinasi atau ‘destino 360o seguro’ yang berarti destinasi yang 360 derajat aman.

“Kampanye pemulihan kepercayaan di destinasi ini mencoba untuk membangun kepercayaan para wisatawan bahwa tujuan wisata tersebut aman bagi wisatawan datang,” jelas Bayu.

Selanjutnya adalah implementasi langkah-langkah untuk mengaktifkan kembali sektor tersebut. Ada pula peningkatan daya saing destinasi wisata dan pengingkatan model pengetahuan dan intelijen wisata. Serta kampanye pemasaran dan promosi.

Ilustrasi Spanyol.PIXABAY Ilustrasi Spanyol.

Destinasi aman 360 derajat

Menurut Bayu, pemerintah Spanyol percaya bahwa keyakinan akan keamanan destinasi wisata jadi kunci bagi wisatawan untuk mempertimbangkan kemungkinan melakukan perjalanan.

Dalam hal ini, pemerintah Spanyol memastikan protokol kesehatan telah dilaksanakan oleh seluruh mata rantai sektor pariwisata. Termasuk tourist information offices, hotel, restoran, pemandu wisata, dan sebagainya.

Spanyol juga memberikan informasi bagi usaha pariwisata terkait panduan dan protokol untuk membuka negara bagi pariwisata internasional lewat koridor yang aman.

Baca juga: Cara Pariwisata Yunani Bertahan Saat Pandemi Covid-19

Termasuk dalam alokasi dana tersebut di atas, sudah ada anggaran sebesar 200.000 Euro yang akan digunakan untuk persiapan pembuatan 21 panduan spesifikasi guna mencegah penularan Covid-19 di tempat wisata.

Panduan tersebut mencakup langkah-langkah untuk disinfeksi ruang dan pembersihan, pembatasan kapasitas, dan kondisi jarak sosial lainnya yang dipromosikan oleh sektor dan didukung oleh otoritas kesehatan.

Ilustrasi Spanyol - Torre de Hercules.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Spanyol - Torre de Hercules.

Tindakan pemerintah Spanyol untuk aktifkan kembali sektor wisata

Rencana ini, kata Bayu, mencakup dana 3,362 miliar Euro yang berfokus pada langkah-langkah pengaktifan kembali sektor pariwisata. Di antaranya yang terkait ketenagaakerjaan, program pelatihan, serta aktivitas bisnis.

Terdapat pula dana preferensial 2,5 miliar Euro kepada sektor pariwisata dari Instituto Credito Oficial yang pembiayaan dan pencairannya dijamin pemerintah Spanyol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com