Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nepal van Java Kini Punya Patung Naga, Ini Maknanya

Kompas.com - 09/11/2020, 18:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepala Dusun Butuh Lilik Setiyawan mengatakan bahwa patung naga yang sudah dibenahi sebagai spot selfie baru di Nepal van Java, ternyata memiliki makna tersendiri.

“Filosofinya sebagai simbol kejayaan, kekuatan, dan kemakmuran waga Dusun Butuh yang waktu itu jadi sentra produksi petani bawang putih,” kata dia kepada Kompas.com, Senin (9/11/2020).

Lilik melanjutkan, pendapatan dari sektor pertanian bawang putih kemudian bisa digunakan para petani untuk membangun rumah-rumah yang akhirnya menjadi seperti sekarang ini.

Baca juga: Wisata Nepal van Java Dusun Butuh, Jelajah Kampung hingga Petik Sayur

Dahulu, Dusun Butuh memiliki beberapa patung naga. Kendati demikian, kini yang tersisa hanya di pagar salah satu anak tangga.

Tidak hanya itu, patung yang ada di salah satu anak tangga itu pun dijadikan sebagai spot selfie baru yang bisa dinikmati wisatawan secara gratis.

Patung naga kebanggaan warga Nepal van Java

Menurut Lilik, patung naga yang masih tersisa di Dusun Butuh dianggap sebagai kebanggaan tersendiri bagi warga setempat.

“Patung naga dibuat pada zaman kejayaan para petani bawang putih era 80-an. Yang mana itu sudah secara simbol jadi kebanggaan warga Dusun Butuh,” ujar dia.

Baca juga: Wisata ke Nepal van Java Dusun Butuh Kaliangkrik Magelang, Ini Panduan Lengkapnya

Mengutip Berita Magelang, media resmi milik Pemerintah Kabupaten Magelang, Rabu (4/11/2020), patung naga merupakan simbol kemakmuran warga.

Pasalnya, naga dianggap oleh masyarakat setempat melambangkan kebenaran, keberuntungan, kebaikan, dan kekuatan.

Nepal van Java Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang di Kaki Gunung SumbingKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Nepal van Java Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang di Kaki Gunung Sumbing

Pada tahun yang sama di mana patung naga didirikan, warga Dusun Butuh dan Sukomakmur Kajoran menikmati pendapatan dari komoditas bawang putih.

Kendati demikian, mulai masuknya bawang impor membuat kejayaan bawang putih sirna dan kalah bersaing baik dari harga, ukuran, hingga bentuk umbinya.

Baca juga: Nepal van Java Dusun Butuh Magelang yang Unik Berlatar Gunung Sumbing

Lilik menuturkan kepada Berita Magelang bahwa pembenahan patung naga yang hampir terbengkalai, selain untuk menarik wisatawan, juga untuk mengingat masa kejayaan bawang putih di Dusun Butuh.

Adapun, Nepal van Java yang merupakan julukan dari Dusun Butuh terletak di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Setelah sempat tutup sejak Senin (19/10/2020) untuk perbaikan, Nepal van Java kembali buka pada Sabtu (7/11/2020). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com