AP II Rekayasa Lalu Lintas untuk Alternatif ke Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 10/11/2020, 12:18 WIB
Penumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPenumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020).


KOMPAS.com – PT Angkasa Pura II (Persero) (APII) melakukan penyesuaian dan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Hal itu dilakukan terkait kemacetan yang terjadi di sekitar kawasan bandara sejak Selasa (10/11/2020) dini hari.

Menurut Corporate Communication APII Yado Yarismano, rekayasa lalu lintas ini menggunakan jalur perimeter utara dan selatan Bandara Soetta sebagai alternatif masuk ke kawasan bandara.

“Saat ini kondisi sudah mulai mencair. Lalu lintas juga sudah mulai lancar. (Rekayasa lalu lintas) masih tetap akan dilakukan untuk hari ini sebagai alternatif akses ke bandara,” kata Yado ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Jadwal KA Bandara Soekarno-Hatta Khusus 10 November 2020

Selain menggunakan jalur alternatif, Yado juga mengimbau calon penumpang untuk menggunakan Kereta Api (KA) Bandara Soetta. KA Bandara Soetta sebelumnya sempat mengubah jadwal keberangkatannya.

Pada laman Instagram @kabandararailink, sebagian keberangkatan KA Bandara Soetta dengan keberangkatan dari Stasiun Manggarai hanya sampai Stasiun Batu Ceper.

Namun tertera pada jadwal tersebut, KA Bandara Soetta mulai keberangkatan pukul 10.40 dan seterusnya dari Stasiun Manggarai sudah sampai ke Stasiun Bandara Soetta.

Kereta api bandarahttps://www.railink.co.id Kereta api bandara

Refund dan reschedule

Sementara itu, bagi para penumpang yang terpaksa melakukan penjadwalan ulang (reschedule) dan/atau refund karena tertinggal jadwal pesawat juga bisa melakukannya langsung ke maskapai masing-masing.

Baca juga: Cara Refund dan Reschedule Penerbangan Garuda dari Bandara Soekarno-Hatta pada 10 November 2020

Plt. Senior Manager Branch & Communication Bandara Soekarno-Hatta Haerul Anwar dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com mengatakan bahwa koordinasi telah dilakukan dengan para stakeholder termasuk maskapai terkait hal ini.

“Kebijakan maskapai ini sebagai langkah antisipasi agar penumpang pesawat dapat tetap melakukan perjalanan di waktu yang berbeda,” ujar Haerul.

Maskapai yang telah memberikan konfirmasi pada APII terkait dapat dilakukannya reschedule atau refund adalah Lion Air, Batik Air, Garuda Indonesia, dan Citilink.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X