Kompas.com - 10/11/2020, 12:55 WIB
Gunung Merapi dilihat dari Kali Talang, Klaten KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAGunung Merapi dilihat dari Kali Talang, Klaten

KOMPAS.com – Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang mengimbau 13 tempat wisata di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III untuk ditutup dengan segera.

“Iya tutup karena memang Gunung Merapi sudah status Siaga, Level III,” kata Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Ita Kusmawati, kepada Kompas.com, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Gunung Merapi Siaga, 24 Tempat Wisata di Kabupaten Magelang Tutup

Sebelumnya, surat imbauan yang menindaklanjuti Surat Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Nomor 338/287.1 tanggal 6 November 2020 dikeluarkan untuk 24 tempat wisata.

Kendati demikian, Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Disparpora Kabupaten Magelang Nur Supindahwati menuturkan, pihaknya telah merevisi surat tersebut.

“Surat itu sudah direvisi. Waktu itu kita tidak sampai 30 menit (dikeluarkan) langsung kita tarik untuk revisi. Suratnya sama, nomor surat tidak kami ganti, lampirannya saja yang kami ganti,” ungkap Nur, Selasa.

Baca juga: Gunung Merapi Siaga, Wisata Air Terjun Kedung Kayang di Magelang Tutup

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut daftar 13 tempat wisata di Kabupaten Magelang di sekitar Gunung Merapi yang diimbau untuk ditutup dengan segera:

  1. Ketep Pass
  2. Air Terjun Kedung Kayang
  3. Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan
  4. Wisata pendakian atau trekking Gunung Merapi
  5. Wisata Alam Jurang Jero Srumbung
  6. Jembatan Gantung Jokowi
  7. Jembatan Gantung Polkadot
  8. Agrowisata Salak Nglumut
  9. Candi Asu
  10. Grojogan Kapuhan
  11. Desa Wisata Sumber
  12. Desa Wisata Ngargosuko
  13. Desa Wisata Ketep

Surat Kepala Disparpora Kabupaten Magelang dibuat berdasarkan surat dari Kepala Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Nomor 523/45/BGV.KG./2020 tanggal 5 November 2020 tentang Perningkatan Status Aktivitas Gunung Merapi dari Waspada (Level II) ke Siaga (Level III).

“Para pengelola usaha pariwisata di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi wajib menghentikan sementara seluruh kegiatan wisata termasuk jalur pendakian ke puncak Gunung Merapi,” seperti tertera dalam surat tersebut.

Baca juga: Wisata Jeep Lava Tour Tetap Beroperasi meski Gunung Merapi Siaga

Selain itu, surat yang ditandatangani oleh Plt Kepala Disparpora Iwan Sutiarso juga mengimbau agar pengelola tempat wisata selalu memberi informasi terkait peningkatan status aktivitas Gunung Merapi.

Mereka juga diimbau untuk siap siaga, waspada, serta melakukan langkah antisipasi dan mitigasi bencana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X