Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WNI Bisa ke Thailand dengan Tujuan Tertentu, Catat Syaratnya

Kompas.com - 11/11/2020, 13:12 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia memang masih belum mengizinkan adanya perjalanan ke luar negeri untuk tujuan wisata. Salah satunya ke Thailand.

Namun ternyata Warga Negara Indonesia (WNI) masih bisa mengajukan perizinan ke Thailand untuk alasan tertentu.

“Di luar tujuan wisata, misalnya untuk studi, alasan medis, dinas, atau bisnis bisa ajukan Certificate of Entry (CoE) dari kedutaan atau kantor konsulat Thailand di Indonesia,” kata Public Relations Officer dari Tourism Authority of Thailand (TAT), Indonesia Office Stephanie Valencia ketika pada Kompas.com, Selasa (10/11/2020).

Syarat pengajuan CoE

Untuk kriteria dan dokumen persyaratan pengajuan CoE seperti dilansir dari situs resmi Kedutaan Besar Thailand di Jakarta adalah sebagai berikut.

Pertama, calon pendaftar harus mendaftarkan diri untuk CoE secara online di situs https://coethailand.mfa.go.th setidaknya 14 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Baca juga: Thailand Sambut Kembali Kapal Pesiar Asing Lewat STV

Para pendaftar yang sudah memiliki visa Thailand yang berlaku bisa mendapatkan CoE langsung. Sementara yang belum punya, diharuskan untuk mendaftar lebih dulu dengan membuat janji di kedutaan.

Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan di antaranya adalah salinan dokumen pemesanan untuk fasilitas Alternative State Quarantine (ASQ) di Bangkok atau fasilitas Alternative Local Quarantine (ALQ) di Chonburi.

ASQ dan ALQ ini dilakukan selama 14 hari di beberapa lokasi yang sudah ditetapkan pemerintah Thailand dan menggunakan biaya sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com