WNI Bisa ke Thailand dengan Tujuan Tertentu, Catat Syaratnya

Kompas.com - 11/11/2020, 13:12 WIB
Taman laut nasional Angthong di Koh Samui, Suratthani, Thailand. (Shutterstock) Taman laut nasional Angthong di Koh Samui, Suratthani, Thailand. (Shutterstock)


KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia memang masih belum mengizinkan adanya perjalanan ke luar negeri untuk tujuan wisata. Salah satunya ke Thailand.

Namun ternyata Warga Negara Indonesia (WNI) masih bisa mengajukan perizinan ke Thailand untuk alasan tertentu.

“Di luar tujuan wisata, misalnya untuk studi, alasan medis, dinas, atau bisnis bisa ajukan Certificate of Entry (CoE) dari kedutaan atau kantor konsulat Thailand di Indonesia,” kata Public Relations Officer dari Tourism Authority of Thailand (TAT), Indonesia Office Stephanie Valencia ketika pada Kompas.com, Selasa (10/11/2020).

Syarat pengajuan CoE

Untuk kriteria dan dokumen persyaratan pengajuan CoE seperti dilansir dari situs resmi Kedutaan Besar Thailand di Jakarta adalah sebagai berikut.

Pertama, calon pendaftar harus mendaftarkan diri untuk CoE secara online di situs https://coethailand.mfa.go.th setidaknya 14 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Baca juga: Thailand Sambut Kembali Kapal Pesiar Asing Lewat STV

Para pendaftar yang sudah memiliki visa Thailand yang berlaku bisa mendapatkan CoE langsung. Sementara yang belum punya, diharuskan untuk mendaftar lebih dulu dengan membuat janji di kedutaan.

Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan di antaranya adalah salinan dokumen pemesanan untuk fasilitas Alternative State Quarantine (ASQ) di Bangkok atau fasilitas Alternative Local Quarantine (ALQ) di Chonburi.

ASQ dan ALQ ini dilakukan selama 14 hari di beberapa lokasi yang sudah ditetapkan pemerintah Thailand dan menggunakan biaya sendiri.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X