Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warung Kopi Merapi, Minum Kopi Sambil Nikmati Indahnya Gunung Merapi

Kompas.com - 12/11/2020, 09:16 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Gunung Merapi menyimpan daya tarik wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Dilansir dari Tribun Jogja, selain potensi alamnya yang indah, kehidupan masyarakat di lereng Gunung Merapi sebagai petani kopi juga menjadi aset berharga bagi pengembangan wisata.

Salah satu potensi alam yang perlahan sukses menjadi ikon wisata di lereng Gunung Merapi adalah hadirnya Kopi Merapi--kopi yang dihasilkan dari perkebunan kopi di lereng Gunung Merapi.

Baca juga: Wisata Kali Talang di Klaten yang Instagramable Berlatar Gunung Merapi

Wisatawan bisa menikmati kopi asli hasil perkebunan lereng Gunung Merapi, salah satunya langsung di Desa Petung, Kepuharjo, Cangkringan.

Di sini ada Kedai Kopi Merapi yang dikelola oleh Sumijo, salah satu petani kopi di lereng Gunung Merapi. Kedai kopi ini berjarak sekitar tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Sumijo menuturkan, selain bisa menjajal kenikmatan kopi merapi, pengunjung atau wisatawan juga bisa langsung melihat perkebunan kopi di lereng Gunung Merapi.

Baca juga: Selain Mendaki, Ini 6 Alternatif Tempat Wisata Sekitar Gunung Merapi

Kebun kopi di lereng Gunung Merapi saat ini, menurut Sumijo, kurang lebih seluas 250 hektare. Untuk kebun kopi arabika seluar 10 hektare dan sisanya kebun kopi robusta.

Kebun kopi ini tersebar di area Utara Gunung Merapi. Untuk sampai di kebun ini, wisatawan bisa menempuh perjalanan dengan jalan kaki sekitar 20 menit dari warung kopi Merapi.

Bila beruntung, wisatawan bisa ikut memanen kopi sendiri.

Sumijo menjelaskan bahwa kebun kopi arabika memang hanya tersisa sekitar 10 hektare akibat aktivitas erupsi besar Gunung Merapi di tahun 2010 silam.

Baca juga: 6 Tempat untuk Menikmati Suasana Gunung Merapi

Saat ini para petani berusaha mengembalikan lagi kebun kebun yang dulunya hangus terkena awan panas erupsi.

"Wisatawan kami ajak ke kebun kopi supaya langsung tahu sejarah dan wujud alamiah kopi lereng Merapi yang mereka nikmati sudah dalam bentuk serbuk siap seduh," kata Sumijo.

"Setelah dari kebun, kalau pas musim panen, biji kopi yang dipanen bisa langsung disangrai sendiri oleh wisatawan , ditumbuk, diseduh hingga siap untuk diminum," terang Sumijo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com