7 Fakta Menarik TMP Kalibata, Makam Pahlawan Revolusi Dibedakan

Kompas.com - 12/11/2020, 11:40 WIB
Salah satu makam pahlawan tak dikenal di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Gambar diambil pada Minggu (8/11/2020). KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADOSalah satu makam pahlawan tak dikenal di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Gambar diambil pada Minggu (8/11/2020).

KOMPAS.com – Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata merupakan gagasan Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno yang ingin membuat TMP yang lebih megah.

Sebelumnya berada di TMP Ancol, banyak dari jenazah orang-orang yang dinobatkan sebagai pahlawan pun dipindahkan saat TMPN Kalibata diresmikan pada 10 November 1954.

Baca juga: Hari Pahlawan, Begini Sejarah Taman Makam Pahlawan Kalibata

Kendati demikian, selain menjadi tempat bersemayamnya para orang-orang berjasa, TMPN Kalibata memiliki sejumlah fakta menarik. Apa saja?

1. Makam pahlawan revolusi berbeda

Pendiri Wisata Kreatif Jakarta Ira Lathief menuturkan, terdapat hal yang membedakan makam para pahlawan revolusi.

“Makam para pahlawan revolusi ada yang membedakan karena dikonblok,” ungkapnya dalam tur virtual Jelajah Makam-makam Pahlawan, Selasa (10/11/2020).

Sementara makam lainnya, meski memiliki bentuk dan keindahan yang sama, tidak memiliki konblok yang mengelilingi makam.

2. Makam pertama di TMPN Kalibata

Jenazah pertama yang dibawa dan disemayamkan di TMPN Kalibata adalah Agus Salim, seorang pahlawan nasional dan diplomat ulung yang juga dikenal sebagai wartawan.

Bagi yang ingin berziarah ke makamnya, pengunjung bisa langsung menemukannya lantaran letaknya tidak jauh dari pintu masuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X