Kompas.com - 13/11/2020, 19:07 WIB


KOMPAS.com – Museum Keraton Surakarta atau Museum Suaka Budaya Karaton Kasunanan Surakarta kembali dibuka pada 8 November 2020.

“Iya, museum buka dari minggu kemarin Hari Minggu setelah sekian lama tutup karena pandemi,” kata Kepala Museum Karaton Surakarta KRA H Dany Nur Adiningrat saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/11/2020).

Baca juga: Keraton Surakarta Tiadakan Grebeg Maulud dan Sekaten, Antisipasi Covid-19

Keraton Surakarta kini buka setiap Senin-Kamis pukul 09.00-14.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 09.00-16.00 WIB. Untuk Hari Jumat tutup.

Aturan berkunjung ke Museum Keraton Surakarta

Berkunjung ke Museum Keraton Surakarta saat ini diiringi dengan aturan yang cukup ketat. Pengunjung wajib memakai masker, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, dan menjaga jarak.

Ada pula pengecekan suhu tubuh. Bagi yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat celsius, mereka tidak diperbolehkan masuk.

“Dan kita juga mengikuti aturan pemerintah daerah yang mengatakan bahwa orang-orang yang rentan, seperti lansia, ibu hamil, anak di bawah 15 tahun tidak diperkenankan masuk ke wilayah museum,” tegas Dany.

Keraton Surakarta HadiningratSHUTTERSTOCK Keraton Surakarta Hadiningrat

Pengunjung tak perlu melakukan reservasi untuk bisa datang ke museum. Hanya langsung datang saja ke lokasi. Namun bagi rombongan, disarankan untuk melakukan reservasi via telepon.

Tak itu saja, kata Dany, museum juga menerapkan aturan sesuai dengan standard internasional. Yakni mengatur arus pengunjung jadi hanya satu jalur mengikuti arah jarum jam. Hal itu dilakukan agar pengunjung yang masuk dan keluar tidak saling berpapasan.

Baca juga: Keraton Surakarta Masih Tutup, Pengunjung Tetap Bisa Lakukan 3 Aktivitas Wisata Ini

Tidak ada pembatasan jumlah pengunjung yang dilakukan pihak museum. Pasalnya menurut Dany, area Karaton Surakarta bisa dibilang sangat luas, mencapai 70 hektar.

“Kita atur selang seling berapa menit untuk rombongan besar. Mereka tidak akan berdesak-desakan. Area kami luas, langit-langitnya tinggi. Kita diuntungkan juga dengan itu di masa pandemi ini,” jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.