Harga Tiket Masuk dan Cara Menuju ke Museum Keraton Surakarta

Kompas.com - 13/11/2020, 20:08 WIB
Canthik Rajamala koleksi di Museum Karaton Surakarta Dok. Situs pariwisatasolo.surakarta.go.idCanthik Rajamala koleksi di Museum Karaton Surakarta


KOMPAS.com – Kota Solo, Jawa Tengah punya banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi kala berkunjung ke sana.

Salah satu yang bisa dibilang wajib dikunjungi adalah kawasan Keraton Kasunanan Surakarta yang terletak di pusat kota Solo.

Di dalam kawasan keraton tersebut ada sebuah museum bernama Museum Suaka Budaya Karaton Kasunanan Surakarta atau Museum Keraton Surakarta yang menyimpan berbagai koleksi barang peninggalan zaman Kasunanan Surakarta.

Rute menuju Museum Keraton Surakarta

Menurut Kepala Museum Keraton Surakarta KRA H Dany Nur Adiningrat ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (13/11/2020) cara menuju ke museum cukup mudah. Letaknya yang berada di tengah kota diketahui mayoritas masyarakat Solo.

Kamu bisa naik kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum. Jika naik kendaraan pribadi, misalnya dari titik mulai Stasiun Balapan Solo, jaraknya hanya sekitar 3,8 kilometer (km) saja.

Baca juga: Wisata Museum Keraton Surakarta Kembali Buka

Keluar dari stasiun, arahkan kendaraan ke kanan lalu ikuti terus Jalan Monginsidi. Ambil kanan di pertigaan lalu masuk ke Jalan Gajah Mada hingga perempatan, lalu belok kiri ke Jalan R. M. Said.

Salah satu obyek wisata yang wajib disambangi saat berkunjung ke Kota Solo adalah Keraton Surakarta HadiningratDok. Kemenpar Salah satu obyek wisata yang wajib disambangi saat berkunjung ke Kota Solo adalah Keraton Surakarta Hadiningrat

Dari sana, ikuti jalan lalu belok ke arah Jalan Bangka menyusuri Sungai Pepe. Belok kanan ke Jalan Saharjo, lalu ke kanan lagi ke Jalan Arifin terus hingga Jalan Jenderal Sudirman.

Lalu belok kiri ke Jalan Pakoe Boewono, Jalan Alun-alun Utara, Jalan Supit-Urang, dan Jalan Kamandungan.

Kamu akan menemumkan Museum Keraton Surakarta di dalam kawasan Keraton Kasunanan Surakarta di sebelah kanan. Masuk ke dalam area tersebut lewat Gerbang Kamandungan.

Baca juga: Seekor Kerbau Keturunan Kiai Slamet Milik Keraton Solo Mati

Jika tak membawa kendaraan pribadi, kamu juga bisa menaiki kendaraan umum. Tepatnya bus Batik Solo Trans (BST). Menurut Dany, bus tersebut akan melewati kawasan keraton. Kamu bisa turun di Gerbang Kamandungan, lalu jalan kaki beberapa puluh meter dari sana.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X