Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2020, 20:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bali tidak pernah mengecewakan wisatawan lantaran pulau tersebut menawarkan berbagai pilihan tempat wisata yang menarik, termasuk pantai.

Jika ingin berkunjung ke sana, tetapi bingung dengan pilihan pantai di Pulau Dewata, Travel Influencer Harival Zayuka memiliki sejumlah rekomendasi yang bisa kamu kunjungi.

“Paling favorit masih di daerah Nusa Penida,” kata dia dalam Live Instagram Festival Traveler Indonesia Episode 3 Kompas.com bertajuk Wisata di Bali Saat Pandemi, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata di Nusa Penida Bali, Bisa ke Mana Saja?

Harival mengatakan bahwa selain menjadi destinasi wisata kesukaannya, Nusa Penida ternyata merupakan daerah yang selalu diminta para tamu salah satu trip planner di Bali.

Menurut Harival, hal tersebut tidak mengejutkan lantaran Nusa Penida menawarkan suasana “the real Bali” dengan pantai-pantainya yang masih asri dan pasir putihnya yang halus.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut rekomendasi tiga pantai di Bali ala Harival Zayuka yang bisa sahabat Kompas.com kunjungi, Sabtu (14/11/2020):

1. Pantai Kelingking, Nusa Penida

Salah satu pantai yang paling disukai oleh Harival adalah Pantai Kelingking. Meski jalur untuk menuju bibir pantainya melelahkan, pemandangan yang ditawarkan memuaskan.

Mengutip Kompas.com, Selasa (25/9/2019), untuk menikmati Pantai Kelingking, wisatawan harus menuruni tebing terjal dengan kemiringan sekitar 70-80 derajat.

Ilustrasi wisatawan sedang liburan di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali. SHUTTERSTOCK/GUITAR PHOTOGRAPHER Ilustrasi wisatawan sedang liburan di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali.

Tidak hanya itu, selama menuruni tangga, wisatawan hanya bisa berpegangan pada pagar kayu seadanya.

Jika tidak ingin menguras tenaga, wisatawan tetap bisa menikmati indahnya tebing berbentuk kelingking dari dataran tinggi.

2. Diamond Beach, Nusa Penida

Harival melanjutkan, Diamond Beach yang berada dalam satu kawasan dengan Atuh Beach saat ini sudah dapat dikunjungi area pantainya.

“Sekarang sudah dibikin tangga dari tebing dikikis. Jalurnya makin aman untuk turun ke pantai. Sebelumnya, hanya bisa lihat pantai dari tebing di atas. Tangganya sudah sekitar satu tahunan bisa dipakai,” ujar Harival.

Diamond Beach yang terletak di Pulau Nusa Penida, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Diamond Beach yang terletak di Pulau Nusa Penida, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018).

Diamond Beach, berdasarkan informasi dari Kompas.com, Kamis (29/11/2018), menawarkan pemandangan tebing karst dengan bentuk meruncing bagai permata.

Baca juga: Liburan Backpacker di Nusa Penida, Ini Kisaran Biayanya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com