Bukit Anak Dara Terbakar, Pendakian Rinjani via Sembalun Masih Aman

Kompas.com - 15/11/2020, 14:01 WIB
Lokasi kebakaran Bukit Anak Dara Sembalun Kepala KPH SembalunLokasi kebakaran Bukit Anak Dara Sembalun

KOMPAS.comBukit Anak Dara di Sembalun, Lombok Timur, terbakar pada Jumat (13/11/2020).

“(Kebakaran) jauh dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), kurang lebih empat kilometer (km) dari TNGR, jadi tidak berpengaruh ke jalur pendakian Sembalun,” kata Kepala Balai TNGR Dedy Asriady kepada Kompas.com, Minggu (15/11/2020).

Baca juga: Asyik, Mendaki Gunung Rinjani Kini Bisa 3 Hari 2 Malam

Dia melanjutkan bahwa saat kebakaran berlangsung, di sana sedang tidak ada pendaki, sehingga proses pemadaman berlangsung dengan lancar.

Menurut Dedy, usaha pemadaman kebakaran di Bukit Anak Dara dilakukan tim gabungan TNGR dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Rinjani Timur.

Kebakaran di hutan lindung

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, Jumat (13/11/2020), kebakaran Bukit Anak Dara terjadi kawasan petak hutan lindung (HL) 129.

“Kebakaran terjadi di wilayah Sembalun bukit Anak Dara HL 129, tepatnya di Dusun Lebak Lauq, Desa Sembalun Lawang," kata Kepala KPH Sembalun Ayub dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Syarat Pendakian Gunung Rinjani, Harus Booking Online

Hingga berita tersebut naik, api masih belum bisa dipadamkan dan terus menjalar menuju wilayah perkemahan pendaki.

“Sampai saat ini sudah menjalar ke camp area atau puncak. Kebetulan tidak ada pengunjung Anak Dara hari ini,” ujar Ayub.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X