Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerapan Protokol Kesehatan Naikkan Okupansi Hotel di Malang Ini

Kompas.com - 15/11/2020, 20:45 WIB
Andi Hartik,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

MALANG, KOMPAS.com - Penerapan protokol kesehatan di hotel ternyata membawa dampak positif bagi okupansi hotel itu.

Salah satu hotel yang merasakan dampak positif dari penerapan protokol kesehatan adalah Hotel Kusuma Agrowisata di Kota Malang.

Operation Manager Hotel Kusuma Agrowisata Devid Yohanes mengatakan, penerapan protokol kesehatan Covid-19 membuat okupansi di hotelnya naik dua kali lipat.

"Okupansinya bagus karena memang banyak sekali tamu yang ketika research ke sini, tanya dulu gimana protokol kesehatannya," kata dia kepada Kompas.com Kamis (12/11/2020).

Baca juga: Malang Bakal Punya Kawasan Mirip Malioboro, Namanya Malang Heritage

Salah satu hotel ikonik di Kota Batu itu mewajibkan seluruh pengunjungnya memakai masker. Sebelum masuk ke komplek hotel, pengunjung harus cuci tangan, kemudian dicek suhu tubuhnya.

"Kami juga menyiapkan kamar isolasi. Ruang isolasi kami siapkan satu cottage terdiri dari 3 kamar," ujar Devid.

Untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan kepada para wisatawan, pengelola hotel tersebut telah bekerjasama dengan platform pemesanan online, salah satunya adalah dengan Tiket.com. Kerja sama itu dimulai sejak November 2020.

"Kemarin itu kisaran (okupansi) di angka 20 kamar. Sudah dievaluasi (protokol kesehatan) berjalan 40 kamar," imbuh Devid.

Kamar dan fasilitas Hotel Kusuma Agrowisata

Adapun, hotel yang menawarkan pemandangan lanskap pegunungan itu mulai beroperasi sejak 1992. Sampai saat ini, ada 150 kamar yang tersedia di hotel tersebut. 110 berupa room dan 40 kamar berupa cottage.

"Kita operasi tahun 1992 sampai sekarang, bertahap. Pertama kali masih sekitar 100 kamar. Pembangunan 1995 sampai sekarang tidak ada penambahan kamar, ada 150 kamar," sambung dia.

Presiden cottage Hotel Kusuma Agrowisata Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (12/11/2020).KOMPAS.COM/ANDI HARTIK Presiden cottage Hotel Kusuma Agrowisata Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (12/11/2020).

Kamar tipe superior dobel seharga Rp 1,1 juta sedang yang superior triple seharga Rp 1,4 juta. Grand delux cottage seharga Rp 2,4 juta, delux cottage untuk 3 orang Rp 2 juta dan delux untuk 4 orang Rp 2,8 juta.

Kemudian, Royal cottage kapasitasnya 6 orang seharga Rp 3,5 juta dan presiden cottage Rp 6 juta. Selama pandemi Covid-19, harga kamar ada diskon hingga 50 persen.

Baca juga: Libur Panjang, Ketua PHRI Malang Pastikan Tiap Hotel Punya Kamar Isolasi

Selain untuk menginap, di kompleks hotel juga ada tempat bersantai untuk wisatawan. Tempat bersantai itu diberi nama beautiful suset dengan pemandangan lanskap Gunung Arjuno.  Harga tiket masuk ke tempat itu sebesar Rp 20.000.

"Beautiful sunset kami lagi berjalan satu bulan. Tapi animo berjalan luar biasa," tutur Devid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com