KTT Ke-37 ASEAN, Travel Bubble Akhirnya Disetujui

Kompas.com - 16/11/2020, 11:11 WIB
Ilustrasi Pariwisata Indonesia Dokumentasi Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifIlustrasi Pariwisata Indonesia


KOMPAS.com – Kepala-kepala negara Association of South East Asia Nation (ASEAN) akhirnya menyetujui inisiatif ASEAN Declaration on an ASEAN Travel Corridor Arrangement ( TCA) Framework atau yang kerap disebut travel bubble dalam gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN.

Seperti dilansir dari situs resmi ASEAN, dalam dokumen persetujuan TCA yang diterbitkan pada Kamis (12/11/2020), disebutkan masing-masing kepala negara ASEAN memutuskan untuk mengambil langkah menuju pembentukan TCA ini.

Baca juga: Perjanjian Travel Bubble Indonesia Ditargetkan Selesai pada Akhir Juli

Namun, pembentukan TCA itu disebutkan masih hanya berlaku untuk perjalanan bisnis yang penting di antara negara-negara anggota ASEAN. Perjalanan bisnis tersebut harus tetap memprioritaskan kesehatan publik agar persebaran Covid-19 tetap bisa terkontrol.

Artinya, TCA belum bisa berlaku untuk perjalanan wisata leisure. Namun, disebutkan pula bahwa aturan ini nantinya masih bisa berubah dan bisa saja berlaku untuk kategori perjalanan lain di masa depan.

Beberapa hal lain yang diatur adalah penekanan untuk adanya pengembangan aturan terkait pemeriksaan kesehatan sebelum dan sesudah kedatangan. Serta aturan keselamatan untuk melindungi kesejahteraan dan keselamatan masyarakat.

Ilustrasi Kamboja - Angkor Wat.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Kamboja - Angkor Wat.

Tak itu saja, ada pula penegasan bahwa para pelaku bisnis yang melakukan perjalanan tersebut harus dengan ketat mematuhi peraturan kesehatan publik yang berlaku di negara yang dituju.

Terakhir, kepala-kepala negara juga menugaskan Dewan Koordinasi ASEAN yang didukung Kelompok Kerja Dewan Koordinasi ASEAN untuk Keadaan Darurat Kesehatan Masyarakat untuk mengoordinasikan dan mengawasi proses pengembangan kerangka kerja TCA hingga siap beroperasi.

Baca juga: Penerapan Travel Bubble Bakal Rumit

Hal itu dilakukan dengan tetap mempertimbangkan aturan bilateral yang telah ada di antara negara-negara anggota ASEAN.

Travel Bubble yang diusulkan Jokowi

Sebelumnya, pengaturan terkait TCA tersebut sempat diusulkan Presiden Joko Widodo pada KTT ke-36 ASEAN, 26 Juni 2020.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X